Jumat, 24 Mei 2024

Kejar Target Opini WTP, Seluruh SKPD di Halbar Bakal Dievaluasi

Bupati Halbar, James Uang | Foto : Istimewa/Kaidah Malut

HALBAR, KAIDAH MALUT – Bupati Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, James Uang mengatakan, bulan Maret 2022 mendatang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Halbar akan dilakukan evaluasi.

James bilang, evaluasi pada seluruh OPD terkait kinerja untuk target pencapaian rekomendasi BPK Perwakilan Malut.

Menurut James, evaluasi ini bukan semata hanya mengejar target rekomendasi, namun selebihnya untuk kepentingan daerah yang harus diutamakan.

“Evaluasi ini objektif saja berdasarkan hasil kinerja OPD, sesuai dengan evaluasi BPK yang menjadi dasar kepala daerah sebagai bahan evaluasi seluruh OPD di bulan Maret nanti,” jelas James, usai melakukan pertemuan dengan Kepala BPK Malut, Rabu, 09 Februari 2022.

Selain melakukan pertemuan dengannya, kedatangan Kepala BPK juga untuk mendampingi SKPD yang progresnya belum berjalan. Ini dikarenakan, Pemda Halbar juga mengejar target opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) akan datang. Olehnya itu, James meminta SKPD yang didampingi oleh BPK agar lebih serius melakukan progres, sehingga Pemda Halbar bisa berada pada opini WTP dengan capaian 7,6 persen.

“Ini bukan soal harga diri Bupati, tetapi ini soal harga diri daerah jadi harus kita pertaruhkan. Selain itu kita akan kehilangan insentif daerah, kalau kita tidak dapat opini WTP karena itu merupakan salah satu syarat,” cetusnya.*