Rabu, 12 Juni 2024

Pasca Erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Warga Diminta Tetap Ikhtiar

Bupati Halbar, James Uang (Marwan/kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, James Uang mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada setelah adanya erupsi Gunung Ibu.

Dengan kejadian tersebut, James meminta masyarakat tetap berikhtiar dan selalu bersabar menunggu petunjuk dari Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Pos Pengamatan Gunung Api.

“Kita ikhtiar dan menunggu informasi-informasi dari yang punya bidangnya. Sehingga nanti ada upaya-upaya sigap yang harus dilakukan. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak kita inginkan di masyarakat,” ujar James, Rabu, 08 Mei 2024.

James juga meminta kepada masyarakat, untuk tidak beraktivitas di radius kurang lebih 2 kilometer dari gunung.

“Masyarakat harus berikhtiar di seputaran kaki Gunung Ibu,” tambahnya.

Sampai sekarang, BPBD, kata James, sudah menyalurkan bantuan dini ketika terjadi erupsi.

“BPBD telah menyiapkan masker kepada masyarakat yang berada di seputaran gunung. BPBD juga telah mempersiapkan langkah-langkah mengantisipasi saat terjadi erupsi susulan Gunung Ibu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Halbar Gunawan MT. Ali menyatakan, pihaknya selalu siaga dan turun langsung ke lokasi dampak erupsi. Bahkan, BPBD juga kerap memberikan sosialisasi bahaya erupsi kepada masyarakat.

“Saat ini kita BPBD selalu siaga dan selalu memantau perkembangan, dan kemudian memberikan sosialisasi ke masyarakat,” tandasnya. (*)