Minggu, 14 Juli 2024

Bupati Halsel Bingung, Hasil Pertanian Petani Mau Dipasarkan ke Mana

Bupati Halsel, Usman Sidik, saat hadir dalam panen raya bawang merah | Foto : Malut Kaidah/Istimewa

LABUHA, MALUT KAIDAH – Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, Usman Sidik dan Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba, akan fokus pada peningkatan produksi pertanian dan berkomitmen untuk pemulihan ekonomi di wilayahnya.

Bupati menyatakan itu, saat menghadiri panen raya bawang merah di Desa Wayamiga, Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Jumat, 6 Agustus 2021.

Bupati mengakui, ia sangat menyadari masalah yang tengah dihadapi petani saat ini, adalah pada pascapanen. Petani selalu kebingungan memasarkan hasil pertanian mereka setelah panen. Oleh karena itu, ia berjanji akan membantu mencarikan solusi terbaik bagi para petani di daerahnya itu.

“Untuk urusan itu, saya akan berusaha membangun kerja sama dengan seluruh kabupaten kota di Provinsi Maluku Utara, agar hasil pertanian kita dapat diserap di wilayah-wilayah itu,” kata Bupati Usman Sidik.

Dia mengatakan, pada 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Halsel telah mengalokasikan lahan seluas tiga hektare, yang dikhususkan untuk petani bawang. Lahan seluas itu itu, diharapkan dapat dimanfaatkan maksimal untuk meningkatkan taraf hidup petani.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Halsel, Agus Heriawan, menambahkan, saat ini pihaknya sendang membentuk kelompok-kelompok tani di sejumlah desa di Halsel.

“Pembentukan kelompok-kelompok tani itu menjadi program dinas yang disinergikan dengan program 100 hari Bupati dan Wabup Halsel,” ujarnya. *