Jumat, 12 Juli 2024

Januari 2023, Plaza Gamalama Modern Ternate Difungsikan

Kabid Aset BPKAD Ternate, Salim Albaar (Nita/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Plaza Gamalama Modern Ternate dipastikan beroperasi pada awal Januari tahun 2023.

Ini diungkapkan Kabid Aset BPKAD Kota Ternate, Salim Albaar saat ditemui pada Kamis, 01 Desember 2022. Salim bilang, hari ini Dinas PUPR telah menyerahkan aset Plaza ke Pemkot Ternate, sehingga tahapan selanjutnya yakni melakukan prosee lelang.

“Alhamdulillah tim appraisal sudah melakukan penilaian, tinggal proses lelang saja, ” ungkap Salim.

Pembentukan panitia pemilihan pemenang lelang pun, telah dibentuk oleh Sekkot Ternate, Jusuf Sunya. Kelanjutannya, BPKAD akan membuat jadwal terkait proses tender, lalu nanti akan diserahkan ke bagian ULP.

“Insha Allah pekan depan sudah bisa diserahkan ke ULP untuk ditenderkan, ” tambah dia.

Proses tender dilakukan dua tahap dengan mencari calon peserta, lalu dari tim panitia pemilihan pemenang lelang tersebut, akan memverifikasi para peserta lelang yang berkompeten dan layak ikut.

“Apabila lolos maka itulah yang akan ikut dalam proses tender, ” terang dia.

Nilai appraisalnya masih menunggu proses tender baru dipublikasi melalui e-cattalog.

Bagi calon peserta tender yang berminat perlu mengetahui sejumlah persyaratan administatif, di antaranya memiliki nomor wajib pajak, membuat surat pakta integritas yang mampu mematuhi dan bersedia merawat Plaza Gamalama Modern hingga masa kontrak habis.

Peserta tender juga harus menyampaikan dokumen penawaran, beserta dokumen pendukung lainnya kemudian peserta juga harus memiliki domisili yang tetap.

Tak hanya itu, peserta tender juga harus memiliki kemampuan cakap yang cukup, tidak masuk dalam daftar hitam pada pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selain itu, peserta juga harus memiliki pengalaman, keahlian, dan kemampuan teknis sekaligus manejerial terkait pemanfaatan gedung.

“Peserta juga harus memiliki sumber daya manusia, modal, peralatan, dan fasilitas lainnya yang mendukung pelaksanaan proses tender, ” pungkasnya. (*)