Jumat, 12 Juli 2024

Proyek Penataan Kawasan Kuliner Ternate Masih Terkendala Tender 2 OPD

Kawasan kuliner di belakang Jatiland Mall Ternate | Foto: Istimewa/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Dua OPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, yakni Dinas PUPR dan Disperindag Kota Ternate, hingga saat ini belum juga selesai tender untuk penataan kawasan kuliner belakang Jatiland Mall Ternate.

Ada 3 OPD yang terlibat kerjasama dalam proyek penataan ini. Ketiga OPD itu, Dinas PUPR, Disperindag dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Ternate.

Padahal masing-masing OPD sudah dianggarkan. Dinas PUPR sebesar Rp6 miliar, Disperindag Rp1,7 miliar, dan Dinas Koperasi dan UMKM sebesar Rp1,5 miliar.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M Nur Taib saat diwawancarai mengatakan, soal tender ini masih menjadi kewenangan ULP. Jika sudah ada penetapan pemenang tender, barulah dipresur ke pemenang tender untuk langsung lakukan pekerjaan.

Sementara ini, kata dia, baru Dinas Koperasi dan UMKM yang sudah selesai tender, sedangkan dua OPD lainnya masih proses tender ULP.

“Karena target kita Desember itu pekejaan harus selesai,” kata Rus’an, Kamis, 10 November 2022.

Dirinya menyatakan optimis pekerjaan ini bisa tuntas di bulan Desember. Pasalnya, lanjut dia, akan ada dua perusahan yang menangani.

Menurut dia, dengan anggaran Rp6 miliar yang melekat di PUPR, maka masing-masing perusahaan akan menangani Rp3 miliar dengan paket pekerjaan segmen 1 dan 2.

“Intinya harus selesai untuk tahap pertama, karena ada tahap kedua di tahun depan. Dan ini kan bukan membangun gedung, jadi prosesnya tidak terlalu lama,” tutur Rus’an.

Pekerjaan yang menjadi bagian Dinas PUPR adalah pemasangan lantai andesit pedistrian, hingga anjungan. Segmen 1 akan menangani pemasangan lantai pedistrian. Sementara segmen 2 adalah anjungan dan pedistrian.

Olehnya itu, sambung Rus’an, pekerjaan itu tidak terlalu banyak dan akan cepat selesai.

“Saya tetap optimis 31 Desember pekerjaan ini bisa kita selesaikan. Karena informasi dari ULP, penetapan pemenang tender mungkin dalam minggu ini,” tandasnya. (*)