Sabtu, 18 Mei 2024

Wali Kota Ternate: OPD Tidak Boleh Alergi Pers

M. Tauhid Soleman (Nox/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, menegaskan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Kota Ternate, agar tidak alergi dengan keberadaan pers.

Ia bilang, pejabat atau pemerintah daerah tidak harus anti kritik terkait pemberitaan yang dibuat oleh pers.

“Saya pada kesempatan suasana Hari Pers Nasional (HPN) saat ini, saya minta kepada OPD untuk tetap menerima. Saya pun tidak pernah alergi terkait hal-hal yang disuarakan,” tegas Tauhid, Sabtu, 10 Febuari 2024.

Ketua NasDem Kota Ternate itu menyebut, kritik dan saran bersifat membangun untuk kebaikan pemerintah ke depan.

“Jadi OPD ditegaskan tidak boleh alergi,” pungkasnya.

Mantan Sekda Kota Ternate itu pun mengingatkan kepada pers, agar tetap berada pada kedudukan sebagai mimbar informasi dalam momentum pesta demokrasi, juga alat pengawasan bagi pemerintah.

“Sekaligus ikut menyampaikan hal-hal yang bersifat kepentingan masyarakat. Apalagi dengan konteks modern saat ini, pers telah menjadi bagian terpenting dalam mengawasi pemerintahan,” ungkapnya.

Menurutnya, pers harus menjadi alat penyeimbang untuk menyuarakan kebenaran dan informasi penting bagi kepentingan publik.

“Saya melihat pers di Kota Ternate telah menjadi sangat penting bagi masyarakat, untuk mendapatkan informasi. Saya pikir pers sejauh ini tetap berada pada prinsipnya, yakni menyuarakan hal yang benar,” tandas Tauhid. (*)