Sabtu, 18 Mei 2024

Kembali Bertarung di Pilwako Ternate, Petahana Optimis Bisa Dapat Rekomendasi Nasdem

M. Tauhid Soleman saat mendaftar bakal calon wali kota di Nasdem Ternate (Ist/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Ketua DPD Nasdem Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman mengembalikan formulir pendaftaran, melalui penjaringan internal partai. Formulir dimasukkan Sabtu, 04 Mei 2024.

Tauhid yang juga Wali Kota Ternate, begitu optimis bisa mendapatkan dukungan dari partai yang dinahkodai Surya Paloh, untuk maju pada kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 mendatang.

“Saya sangat percaya diri akan diusung Partai Nasdem sebagai calon Wali Kota Ternate,” tegas Tauhid.

Walau dirinya menjabat sebagai ketua partai, tetapi Tauhid juga harus mengikuti mekanisme untuk memenuhi syarat pendaftaran yang telah ditetapkan partai.

“Ini bagian dari demokratisasi, pendaftaran ini adalah upaya untuk menunjukkan bahwa saya serius mencalonkan diri sebagai wali kota,” ujarnya.

Di kesempatan itu pula, Tauhid meminta agar semua pengurus solid, dan jangan sampai ada yang menggangu kebersamaan DPD Partai Nasdem Kota Ternate.

Petahana itu mengaku, sejauh ini telah mendatangi beberapa partai politik untuk melakukan pendaftaran. Adapun sejumlah partai yang didatangi, di antaranya Gerindra, PDI Perjuangan, PAN, Hanura dan Nasdem.

“Semua ada potensi untuk memberikan rekomendasi,” ucapnya.

Meski sudah menyatakan sikap menjadi 01 Ternate, mantan Sekda Ternate itu juga belum bisa menentukan pasangannya nanti lantaran masih menunggu hasil survei.

“Banyak peluang untuk calon sebagai wakil, sejauh ini hasilnya belum ada. Dipastikan survei yang dilakukan sangat terukur untuk menjadi wakil saya ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Nasdem Kota Ternate, Djasman Abubakar mengatakan, mulai dari penjaringan bacalon wali kota dan wakil wali kota dibuka, sampai hari ini sudah 8 orang yang mendaftar.

“Tiga di antaranya mendaftar sebagai wakil, lima orang sebagai wali kota termasuk ketua DPD kami pak Tauhid Soleman,” sebutnya.

Tidak menutup kemungkinan, akan ada bacalon lain yang mendaftar, berhubung waktu pendaftaran masih tersisa dua hari, yakni sampai tanggal 6 Mei.

Djasman menyebutkan, pilihan Partai NasDem Kota Ternate tentu ke Tauhid Soleman selaku Ketua DPD, namun mekanisme partai harus diikuti sebagai bentuk berdemokrasi.

“Setelah pendaftaran, kita akan bawa ke DPW untuk diteruskan ke DPP. Jadi tidak ada satupun pendaftar yang kita gugurkan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, sejumlah nama bakal calon wali kota dan wakil wali kota telah terdaftar di Partai NasDem. Mereka di antaranya Ishak Naser, M Ghifari Bopeng, Syahril Abdur Rajak, Santrani Abusama, dan Tauhid Soleman. Sementara bakal calon wakil wali kota, yaiti Meiyu Yanti Drakel, Nasri Abubakar, dan Arifin Djafar. (*)