Minggu, 19 Mei 2024

Status Gunung Ibu di Halmahera Barat Siaga 3, Kemensos Salurkan Logistik

Kondisi Gunung Api Ibu di Halbar (Istimewa/kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Aktivitas erupsi Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, kembali meningkat. Peningkatan erupsi pada Senin, 13 Mei 2024 sekira pukul 09.12 WIT.

Aktivitas erupsi dengan kolom abu teramati ± 5.000 meter di atas puncak (± 6.325 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam, dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm, dan durasi sementara ini ± 5 menit 6 detik.

“Terdengar suara dentuman dan gemuruh sampai di Pos PGA Ibu. Erupsi masih berlangsung,” kata petugas pos pengamatan Gunung Api Ibu, Exl Roeroe.

Exl bilang, Gunung Ibu saat ini berada pada status Level III (Siaga). Olehnya itu, dengan masyarakat yang berada di sekitar lereng gunung, serta pengunjung wisatawan diminta agar tidak beraktivitas di dalam radius 3 kilometer, dan perluasan sektoral berjarak 5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Sementara itu, Kepala BPBD Halbar Gunawan MT. Ali ketika dikonfirmasi menyampaikan, akibat erupsi itu, sejumlah desa di Kecamatan Ibu terdampak semburan abu vulkanik.