Jumat, 24 Mei 2024

Kota Rempah Ternate Dipromosikan pada Rakernas IX JKPI Palembang

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman (tengah) didampingi Wali Kota Palembang dan Istri saat di lobi Rakernas IX JKPI Palembang | Foto: Istimewa/Kaidahmalut

PALEMBANG, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman didampingi Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly ikut menghadiri Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2022 di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 02 sampai 05 November 2022.

Kegiatan tersebut juga melibatkan 44 Kepala Daerah. Kota Ternate sendiri merupakan kota pertama yang menghelat JKPI, olehnya itu, Wali Kota Ternate merupakan pelopor JKPI.

Kedatangan Wali Kota disambut oleh Kepala Divisi (Kadiv) Kebudayaan, yang juga selaku Ketua Panitia Rakernas tahun ini.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, JKPI Palembang dilaksanakan selama 4 hari. Agenda pertama, pembukaan Bazar dan Pameran Rakernas IX JKPI di halaman Museum SMB II. Pada kegiatan itu, dibuka oleh Wali Kota Palembang, H. Harnojoyo.

Rizal menyampaikan, kehadiran Pemerintah Kota Ternate pada JKPI, guna mempromosikan seni dan budaya, UMKM dan Kota Rempah.

“Momentum itu Ternate sebagai pelopor dalam kegiatan, karena Ternate merupakan daerah yang pertama kali menjadi tuan rumah JKPI,” kata Rizal, Kamis, 03 November 2022.

Di hari kedua, kata Rizal, Rakernas JKPI melakukan pembahasan terkait 73 Kabupaten/Kota, yang harus menjaga kelestarian seni dan budaya yang merupakan karakteristik daerah.

“Kegiatan tersebut akan dibagikan berapa kelompok, guna membahas sejarah panjang Indonesia. Dimana Ternate fokus pada identitas masa lalu yang mendukung kemerdekaan Indonesia,” jelas dia.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata itu menjelaskan, poin penting yang harus disampaikan adalah Ternate tetap masuk dalam jaringan Kota Pusaka, dan mendorong City Branding Ternate sebagai Kota Rempah.

“Ini merupakan simpul ekonomi atau membuka pasar baru di masing-masing daerah, untuk menjual produk UMKM di Ternate,” terangnya.

Sebab, lanjut dia, tematik dalam pameran adalah Ternate Kota Rempah.

“Semalam Pak Wali Kota juga serahkan cendra mata berupa brand book, kepada Wali Kota Palembang terkait informasi Kota Rempah,” pungkasnya. (*)