Sabtu, 18 Mei 2024

Visi Misi Kesehatan Wali Kota Ternate Berhasil dan Bermanfaat

Nurlaela Syarif dan M. Tauhid Soleman (Istimewa/Kaidahmalut)

Oleh: Nurlaela Syarif
Anggota DPRD Kota Ternate Fraksi NasDem

Pelayanan bidang kesehatan yang diperankan oleh Pemerintah Wali Kota M.Tauhid Soleman, telah berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat Ternate. Hal itu, sesuai dengan komitmen Wali Kota Ternate diapresiasi Anggota Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate Nurlaela Syarif.

Menurut Nurlaela, letak keberpihakan program prioritas bidang kesehatan, khususnya bagi warga tidak mampu, bisa dilihat saat Wali Kota Ternate menyetujui usulan Jaminan Kesehatan Masyarakat dalam bentuk Ternate UHC (Universal Health Coverage) senilai Rp23 miliar sejak tahun 2022 sampai saat ini.

Saat ini, pengobatan bagi warga tidak mampu sangat dimudahkan dan tidak perlu proses panjang. Jaminan kesehatan warga secara gratis akan didapatkan, misalkan ibu-ibu hamil yang akan melahirkan, anak-anak yang sakit, dan lansia yang sakit. Itu semua dengan mudah prosesnya dan dibantu oleh pemda, yakni Dinas Kesehatan untuk mendapatkan kemudahan.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, maka prosesnya harus menunggu setelaj 15 hari jam kerja. Namun sekarang, warga hanya membutuhkan waktu satu hari, untuk mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan.

Di seluruh Indonesia level kabupaten/kota tidak semua kepala daerah memiliki komitmen, yang sama terhadap program jaminan kesehatan.