Minggu, 14 Juli 2024

BPBD Halsel Pastikan Pekan Depan Bantuan untuk Korban Bencana Sudah Diterima

Kalak BPBD Halsel, Abu Karim Latara | Foto : Istimewa/Malut Kaidah

HALSEL, KAIDAH MALUT – Pemerintah Halmahera Selatan (Halsel) memastikan, bantuan kepada korban angin puting beliung di Desa Tawa, Kecamatan Gane Barat Selatan dan korban banjir di Desa Kuo, Kecamatan Gane Timur Selatan.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halsel, Abukarim Latara menyatakan akan menyerahkan bantuan kepada korban bencana di dua wilayah tersebut.

Bantuan tersebut, kata Abukarim, diklasifikasikan dalam tiga katagori itu, dijadwalkan akan sampai ke tangan para korban bencana pada pekan depan di bulan November 2021 ini.

“Tiga katagori bantuan yang kami maksudkan itu itu, untuk korban yang rumahnya rusak ringan akan mendapat bantuan Rp10 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rumah rusak berat mendapat bantuan sebesar Rp50 juta. Semuanya diserahkan dalam bentuk uang tunai,” jelasnya.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Halsel itu, jaminan bantuan tersebut akan sampai ke tangan korban pada pekan depan, karena telah mendapat perintah langsung dari Bupati Halsel, Usman Sidik, agar secepatnya merealisasikan bantuan tersebut.

“Bupati berpesan, bantuan itu penting karena menyangkut nasib warga yang tertimpa musibah angin puting beliung dan banjir,” ucapnya.

Mengutip pernyataan Bupati Usman Sidik, Kalak BPBD mengatakan, korban yang tertimpa musibah akan merasa lega jika bantuan tersebut telah diterima. Warga akan bebas beraktivitas karena telah menerima bantuan tersebut.

“Maka saya jamin, pekan depan saya akan mendampingi Pak Bupati untuk menyerahkan bantuan tersebut. Semoga Pak Bupati tidak sibuk atau tidak punya agenda yang padat sehingga bisa menyerahkan langsung bantuan tunai tersebut,” harapnya. *