Kamis, 13 Juni 2024

Puluhan Rumah Warga di Desa Tawa Rusak Parah Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

Kondisi rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di Desa Tawa | Foto: Istimewa/Malut Kaidah

LABUHA, MALUT KAIDAH – Puluhan rumah di Desa Tawa, Kecamatan Gane Barat Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara, Rabu, 8 September 2021 sekitar pukul 08.00 WIT, rusak parah akibat karena diterjang angin puting beliung. Namun tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

Amatan malut.kaidah.id, puluhan rumah Hunian tetap (Huntap) merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat itu rusak parah.

Kepala Desa Tawa, Marlus Aswad, saat dikonfirmasi malut.kaidah.id mengatakan saat itu dirinya mendapat laporan warga bahwa kejadian itu terjadi pagi tadi.

“Saya mendapat kabar, kejadian itu terjadi pagi tadi. Saya sudah perintahkan staf desa untuk melakukan pendataan terhadap rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterpa angin,” kata Marlus.

“Yang kami cover terkait perumahan huntap warga kurang lebih 80 persen rusak total. Sedangkan rumah warga di luar huntap sekitar 10 rumah dan 5 fasilitas umum yang juga rusak,” bebernya.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel.

“Saya sudah menghubungi kalak BPBD Halsel, saat ini mereka sementara menuju TKP,” singkatnya.

Kepala BPBD Halsel, Abu Karim Latara, saat dikonfirmasi via telepon mengaku, pihaknya sudah mendapat laporan kejadian yang melanda Desa Tawa.

“Iya, kita sudah mendapat laporan kejadian tersebut, dan saat ini kita lagi persiapkan perlengkapan menuju ke TKP,” tutupnya.*