Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

Musrenbang RPJPD Tidore Tahun 2024-2025 Dihelat, OPD Diminta Fokus

Musrenbang RPJPD Tidore Tahun 2024-2045 (Humas/kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Tidore Kepulauan menggelar, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2025-2045.

Kegiatan bertempat di aula Sultan Nuku kantor Wali Kota Tikep, Kamis, 18 April 2024 dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim.

Dalam sambutannya, Ali Ibrahim menyatakan, Musrenbang merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi, berembuk dan melakukan tukar pikiran antar pemangku kepentingan, baik dari unsur pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan sebagaimana instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2024, tentang Pedoman Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045, telah memberikan informasi yang jelas, terkait tahapan-tahapan penyusunan dokumen RPJPD.

“Oleh karenanya, kami menegaskan kepada seluruh perangkat daerah dan meminta dukungan stakeholder, untuk memberikan fokus perhatian pada penyusunan dokumen ini. Agar dapat dirampungkan sesuai tahapan dan waktu yang telah ditentukan. Mari gunakan kesempatan istimewa ini, untuk mengajukan gagasan-gagasan penting, berbagi wawasan dan pengalaman, serta menumbuhkan optimisme dalam perencanaan pembangunan daerah,” ungkap Ali.

Sementara itu, Kepala Bapperida Kota Tidore Kepulauan Ir. Saiful Bahri Latif dalam laporannya menyampaikan, tujuan Musrenbang RKPD ini adalah menyerap aspirasi dan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan, penyelelarasan RPJPN tahun 2024-2045 dengan RPJPD Tidore 2024-2045.

Selain itu, sambung dia, ini untuk menyepakati visi misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD.

“Musrenbang RPJPD ini dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 18 April 2024, bertempat di aula Sultan Nuku kantor Wali Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini diikuti oleh para anggota DPRD Kota Tidore, staf ahli dan asisten sekda, pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal, pimpinan BUMD, ormas, camat, kepala desa, lurah dan kelompok kepentingan strategis lainnya,” papar Saiful.

Dalam kegiatan ini pula, Bapperida Kota Tidore Kepulauan mendaulat dua orang narasumber yang akan memaparkan materi. Mereka adalah Plt Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara A. Yasin Hayatudin dan Tenaga Ahli Penyusunan RPJPD 2025-2045 Prof. Dr. Husen Alting. (*)