Jumat, 12 Juli 2024

Satpol PP Gagalkan Rencana Tawuran Antar Pelajar di Ternate

Situasi Jalan Siswa pasca tersebarnya WhatsApp Grup soal rencana tawuran antar pelajar | Foto : Istimewa/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Kota Ternate melakukan pengawasan di sejumlah sekolah yang ada di Kota Ternate. Hal itu dilakukan lantaran beredarnya WhatsApp Grup siswa soal rencana tawuran antar pelajar.

Kasatpol PP dan Linmas Kota Ternate, Fhandi Mahmud mengatakan, setelah mendapati laporan tersebut pihaknya langsung bergegas menuju SMA Negeri 2 Ternate, untuk memantau aktivitas para pelajar. Petugas juga berkoordinasi dengan guru yang ada di sekolah tersebut, dan memberitahukan laporan yang diperoleh Satpol PP soal rencana tawuran.

Akhirnya, pihak sekolah pun meliburkan para siswa dengan tujuan menghindari tawuran. Setelah dari SMA Negeri 2, petugas melanjutkan patroli ke SMP Negeri 6 dan Jalan Siswa, Kelurahan Takoma. Pasalnya, area tersebut terdapat beberapa sekolah dan kerap menjadi wilayah tawuran antar pelajar.

“Kami lanjut ke SMP Negeri 6 Ternate, Kelurahan Kampung Pisang dan memantau anak-anak sekolah, dan mengarahkan siswa yang sudah pulang agar segera kembali ke rumah masing-masing. Dan pukul 14.30 WIT, di area Jalan Siswa Kelurahan Takoma dan siswa SMK Negeri 1, SMA Negeri 1, SMA Negeri 10 dan SMP Negeri 7 Kota Ternate aman dan terkendali. Tetapi pengawasan kepada siswa tetap berlanjut hingga sore hari,” jelasnya melalui rilis, Senin, 29 Agustus 2022.

Meski sempat ada pergerakan puluhan siswa SMK Negeri 2, namun Satpol PP tetap melakukan pemantauan dan pengawasan, sebab tawuran sering terjadi pada saat jam pulang.

“Kami tiba di lokasi Jalan Siswa itu sudah ada puluhan pelajar dari SMK Negeri 2 Ternate. Petugas langsung membubarkan mereka, kemudian petugas melakukan penyisiran di tempat yang diduga menjadi tempat berkumpul para pelajar. Setelah itu petugas melanjutkan pemantauan di SMA Negeri 10 dan SMP Negeri 7,” tukasnya. (*)