Jumat, 23 Februari 2024

Karang Taruna Soa Gam Cim Kelurahan Sango Terbentuk

Rapat pembentukan Karang Taruna Doa Gam Cim Sango di Kelurahan Sango, Ternate Utara, Rabu (3/11) | Foto : Rustam Lating/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kelurahan Sango bersama Dinas Sosial Kota Ternate, membentuk organisasi Karang Taruna di Kelurahan setempat, pada Rabu, 3 November 2021 di Aula Sanga Isa, Sango, Kecamatan Ternate Utara.

Lurah Sango Rustam Lating kepada malut.kaidah.id, Jumat, 5 November 2021 mengatakan, Karang Taruna merupakan wadah pemuda dan organisasi pemuda yang diakui negara.

Menurutnya, saat ini banyak pemuda dan masyarakat belum memahami, bahkan salah persepsi antara karang taruna dan pemuda.

“Sebenarnya karang taruna adalah wadah resmi pemuda dalam berkreasi dan berinovasi. Pemuda adalah bagian di dalamnya, jadi jangan dipisahkan antara karang taruna dan pemuda,” kata Rustam.

“Kegiatan ini sebagai bentuk bagaimana kita memberi pemahaman tentang apa itu karang taruna, dan bagaimana teknis kerjanya yang bermitra dengan Dinas Sosial Kota Ternate,” sambungnya.

Sementara itu, Ifan pendamping Karang Taruna Dinas Sosial menambahkan, setiap tahun daerah mengirim karang taruna ke tingkat nasional, untuk membawa program-program pemuda di tingkat kelurahan secara nasional dan dibiayai oleh negara.

Tak hanya itu, dalam pertemuan dua instansi ini juga telah disepakati program unggulan Karang Taruna Kelurahan Sango, dengan nama Karang Taruna Soa Gam Cim, yang akan menjadi merupakan pusat Sepak Bola U-17 Kota Ternate, dan sebagai Pusat Modifikasi Vespa se Kota Ternate. *