Jumat, 26 Juli 2024

Bahaya! Ini Kondisi Jalan Menuju Lokasi Pengungsi di Halmahera Barat

Kondisi jalan menuju lokasi pengungsian di Halbar (Marwan/kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Jalan penghubung antara Kecamatan Ibu dan Kecamatan Ibu Tabaru, tepatnya di Desa Soa Sangaji, Halmahera Barat, Maluku Utara, rusak parah.

Jalan ini merupakan akses warga, menuju lokasi pengungsian di Desa Gam Ici dan Desa Tongute Ternate Asal. Akibat kerusakan itu, ukuran jalan pun menjadi sempit dan sangat berbahaya, bagi pengendara yang melintas.

Amatan media ini, penyebab ambruknya jalan lantaran terkikis air sungai ditambah hujan deras pada Kamis, 23 Mei 2024.

Warga Desa Soa Sangaji Yames mengungkapkan kekesalannya kepada Pemda Halbar, yang lamban merespons hal tersebut. Apalagi, kata dia, ini adalah akses bagi petugas dan relawan untuk mengevakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ibu.

“Sudah tiga bulan mereka (pekerja) letakan batu begitu saja, untuk perbaikan jalan tapi ternyata sampai saat ini tidak ada kegiatan yang dilakukan dari pemerintah, maupun pihak ketiga. Baru jalan yang hampir putus ini tepat di tikungan dan kemudian jalan ini juga hanya satu menuju titik pengungsian. Dengan kondisi erupsi ini, takutnya jangan sampai ada erupsi yang besar dan masyarakat panik lalu lari menggunakan kendaraan roda dua dan empat, lalu kecelakaan di tempat tersebut,” bebernya.

Yames berharap pemerintah daerah atau pihak ketiga segera memperbaiki jalan penghubung, yang menuju di titik pengungsian itu.

“Ini harus pemerintah cepat tanggap, jangan sampai ada kecelakaan ketika melakukan evakuasi warga,” tandasnya. (*)