Minggu, 19 Mei 2024
Tikep  

Eks Kediaman Gubernur Irian Barat di Tidore Bakal Direhab, Anggaran Rp1 Miliar

Daud Muhammad (Nita/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, akan merenovasi eks kediaman Gubernur Propinsi Irian Barat. Saat ini, kondisi bangunan bersejarah itu sangat memprihatinkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tidore Kepulauan Daud Muhammad kepada awak media, Kamis, 11 Januari 2024 mengaku, pihaknya akan segera merenovasi bangunan tersebut. Pekerjaannya direncanakan tahun ini, dengan pagu anggaran sebesar Rp1 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Mantan Kadishub Kota Tidore itu bilang, rehabilitasi dilakukan setelah Pemerintah Kota Tidore melakukan pengalihan aset dari keluarga Sultan Zainal Abidin Syah, yang merupakan Gubernur Provinsi Irian Barat yang pertama.

“Kemarin proses pengalihan aset sudah diselesaikan oleh Dinas Perkim, dan kita di Dinas Pariwisata akan merehab dan mempercantik,” terang Daud.

Setelah direhab, Dispar akan membuat napak tilas perjalanan perjuangan Provinsi Irian Barat.

“Kemarin sebelum saya jadi Kepala Dinas Pariwisata, saya sudah dengar informasi dari Provinsi Papua, kalau akan ada napak tilas sejarah, tapi harus ada infrastrukturnya dulu,” jelas Daud.

“Kita sama-sama benahi dan kantor gubernur (saat ini SMA Negeri Kota Tidore) jadi kewenangan provinsi perumahan dinas polisi jadi kewenangan pemerintah pusat, biar jalur itu kita jadikan jalur Irian Barat,” tukasnya.

Sekadar diketahui, Zainal Abidin Syah merupakan Sultan Tidore tahun 1947-1967. Zainal Abidin Syah mempunyai peranan penting di dalam sejarah perebutan kembali Papua Barat.