Jumat, 12 Juli 2024

Bebas, Sukarja Hirto Langsung Temui Sultan Ternate

Sukarjan Hirto saat bertandang ke Kedaton Kesultanan Ternate siang tadi (Ist/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kemenkumham Republik Indonesia akhirnya memberikan cuti menjelang bebas, kepada mantan Plt Kadis Perkim Ternate Sukrajan Hirto.

Sukarjan Hirto keluar dari Rutan Kelas II B Ternate pada pukul 14.00 WIT, Selasa, 20 Juni 2023. Sukarjan disambut gembira oleh keluarganya, yang juga ikut menjemput Sukarjan.

Sebelumnya, Sukarjan Hirto mendapat putusan dari majelis hakim selama 1,4 tahun penjara pada bulan April 2023. Ia ditahan pada tanggal 29 April 2022 atas kasus korupsi anggaran Haornas tahun 2018, dengan nilai anggaran kegiatan Rp2,5 miliar dari APBN dan Rp2,8 miliar dari APBD.

“Alhamdulilah saya panjatkan pujo syukur kepada Allah SWT, karena masih diberkahi usia yang panjang dan sehat sehingga bisa mendapatkan kesempatan meperbaiki diri saya,” ungkap Sukarjan kepada Kaidah Malut.

Setelah bebas siang tadi, Sukarjan langsung bertandang ke Kedaton Kesultanan Ternate bertemu Sultan Hidayatullah Sjah, dan pasukan yang ada di Kedaton.

“Saya dari rutan langsung menuju Kedaton dan bersilaturahmi dengan Sultan Ternate, saya juga minta maaf kepada seluruh masyarakat Kota Ternate dan berterima kasih, karena masih diberikan nikmat kesempatan ini,” ujarnya.

Sukarjan bilang, setelah ini, dia masih memilih berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabatnya.

“Saya belum memikirkan yang lain, karena masih ingin fokus dengan keluarga dulu dalam beberapa minggu ke depan,” pungkasnya. (*)