Jumat, 24 Mei 2024

Bak Pajangan Kota, Kondisi Plaza Gamalama Modern Terbengkalai dan Mulai Rusak

Kondisi dinding bangunan Plaza Gamalama Modern nyaris copot (Foto: Nita/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kondisi bangunan Plaza Gamalama Modern yang terletak di Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah, Maluku Utara mulai rusak.

Kerusakan terlihat pada dinding bangunan di sisi utara, yang nyaris terlepas.

Risdiyanti, salah satu penjaga toko di areal itu mengatakan, bangunan tersebut mengalami kerusakan sudah sejak awal bulan Desember 2022 lalu.

“Mungkin karena angin kencang, jadi hampir terlepas, tapi ini sudah sebulan yang lalu,” kata Risdiyanti, Senin, 09 Januari 2023.

Plaza yang dibangun sejak tahun 2019 lalu ini, semestinya sudah bisa dioperasikan. Hanya saja terkendala pada Pemerintah Kota Ternate, yang belum menyelesaikan pembayaran retensi kepada pihak rekanan. Dengan begitu, proses lelang pun belum bisa dilakukan.

“Kalau tidak ada yang merawat pasti terbengkalai, jadi kalau memang tidak serius yah jangan dibanguan, apalagi banguan ini sudah sejak lama,” ucapnya.

Risdiyanti berharap kepada Pemerintah Kota Ternate, segera melakukan perbaikan, karena jika pelapis banguan itu copot justru membahayakan masyarakat yang beraktifitas di kawasan tersebut.

“Jalan di depan ini kan banyak pengendara yang terus lalu lalang, jadi kalau tidak cepat diperbaiki, takutnya jangan sampai ada yang korban, apalagi dengan kondisi sekarang dengan angin kencang ini, karena bisa saja akan jatuh dan kena siapa saja yang ada di situ,” tukasnya. (*)