Jumat, 12 Juli 2024

Sepi Baliho, Warga Mengaku Tidak Tahu Perayaan Hajat ke 772 Tahun

Beberapa titik di pusat Kota Ternate tidak ada baliho Hajat 772 | Foto: Nita/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Perhelatan Hari Jadi Ternate (Hajat) ke 772 tahun yang jatuh pada tanggal 28 Desember 2022, sisa menghitung hari.

Sejumlah kegiatan melibatkan masyarakat Kota Ternate, telah dirancang oleh panitia Hajat. Sebelumnya pun, panitia telah sukses menggelar Festival Bahari atau Festival Kora-Kora beberapa waktu lalu, oleh Dinas Pariwisata dengan perlombaan seperti lomba dayung dan lomba perahu hias, yang berlangsung di Landmark Ternate.

Ketua Panitia Hajat 772, Rus’an Taib beberapa waktu lalu mengatakan, jika panitia sudah mempersiapkan segala kelengkapan dan kematangan perayaan Hajat nanti.

Bahkan, dalam perayaan Hajat tahun ini melibatkan masyarakat Kota Ternate secara penuh. Terutama warga yang tinggal di pesisir pantai di Kota Ternate.

Pihak sponsor pun sudah banyak yang memberikan dukungan secara finansial, untuk perhelatan di acara puncak nanti. Tak hanya sekedar pesta, Hajat juga melibatkan pihak Kesultanan Ternate dengan serangkaian acara tradisi dan ritual adat.

Meski disebut-sebut memprioritaskan masyarakat dalam perhelatan akbar ini, namun kenyataan di lapangan justru banyak warga yang mengaku, tidak tahu menahu pesta Hajat ke 772 ini. Pasalnya, jelang Hajat untuk pemberitahuan seperti baliho atau papan reklame tidak terpajang.

Husen, salah satu warga Kelurahan Jambula saat dimintai tanggapan oleh kru malut.kaidah.id, Rabu, 14 Desember 2022 mengaku, tidak mengetahui ada perayaan Hajat yang bakal digelar Pemkot Ternate nanti.

“Hajat tu apa? Torang tara tahu, karena kalau ada acara biasanya torang tahu dari media sosial atau baliho-baliho di jalan. Tapi sampe ini torang tara lia baliho acara Hajat,” akunya.

Amatan media ini, di sejumlah titik di Kota Ternate memang belum ada informasi berupa baliho, yang terpasang di ruang publik. Pasalnya, banyak warga yang di wilayah Kecamatan Ternate Selatan, Pulau Ternate dan dan Ternate Tengah juga tidak mengetahui acara tersebut.

“Kala bagitu pasang baliho supaya torang (warga,red) tahu kalau ada hajatan yang dibuat pemerintah. Ini yang tong lia hanya baliho caleg kong,” ucap Marwan salah satu warga Kelurahan Gamalama.

Sekedar diketahui, selain perlombaan dan pameran UMKM, perayaan Hajat tahun 2022 juga akan dimeriahkan oleh grup musik dari Jakarta, yakni Band Kotak dan Band Naff pada acara puncak tanggal 28 Desember 2022 pukul 20.00 WIT, kemudian tanggal 29 Desember akan dilakukannya upacara dan dilanjutkan dzikir akbar, menyambut tahun baru 2023 yang akan dihelat pada 31 Desember 2022 malam. (*)