Senin, 22 April 2024

Pengurus Satupena Malut Resmi Dikukuhkan

Pengurus Satupena Maluku Utara (Malut)/Foto : Istimewa (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Pengurus Satupena Maluku Utara resmi dideklarasikan dan dikukuhkan pada Sabtu, 16 April 2022.

Deklarasi dan pengukuhan dilakukan secara simbolik dengan menandatangani kain putih, oleh pembina dan penasihat koordinator dan diikuti oleh pengurus dan berbagai komunitas literasi yang hadir di Jenggala Raya, Toboko, Kota Ternate.

Kegiatan dengan tema “Buku dan Musik” ini, diisi dengan pameran buku, live musik dan tadarus puisi yang bertajuk “Di Jalan Sunyi.

Ketua Umum Satupena Indonesia, Denny JA dalam sambutannya mengatakan, bahwa penulis Maluku Utara telah memiliki dasar budaya sastra dan kepenulisan sejak abad ke 16. Olehnya itu, lanjut Denny, itu mudah mengembangkan The City of Literature berdasarkan karakter dan kearifan lokalnya menjadi kota literasi.

“Satupena Malut perlu terus memgembangkan relasi dan kolaborasi, dengan berbagai komunitas kreatif dan kepenulisan di Maluku Utara,” kata Denny.

Acara diawali dengan pembacaan puisi oleh Ketua Umum Pusat Satupena Denny JA dan dihadiri oleh Pembina dan Penasihat Satupena Malut, Zainudin M.Arie yang merupakan sastrawan senior Maluku Utara, Koordinator Satupena Malut, Rahmat Abd Fatah dan Ketua Umum Satupena Malut, Ramlan Harun.

Selain khidmat, acara deklarasi dan pengukuhan ini juga diwarnai suasana kekeluargaan dan keakraban berbagai komunitas literasi. Masing-masing bintang tamu tampil mempersembahkan puisi dan live musik seperti, Enal dari Ormas Oi Ternate dan Zaldan Wahyu, Tim Tatap Muka Buku dan Musik Satupena Malut.

Selain itu, ada juga pameran buku karya penulis Satupena Maluku Utara, dan penampilkan koleksi buku pengurus Satupena Malut.*