Minggu, 14 Juli 2024

Awal Bulan Ramadan Seluruh Sekolah di Ternate Diliburkan

Ilustrasi/Foto : Istimewa (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate, Muslim Gani mengatakan, minggu pertama di bulan ramadan 1443 Hijriah, kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah PAUD, TK, SD dan SMP di Kota Ternate akan diliburkan selama tiga hari.

Hal itu dilakukan, untuk menghormati ibadah puasa yang dijalankan umat Islam.

“Yang jelas awal puasa itu libur. Jadi sekolah diliburkan selama 3 hari. Jadi mulai Senin, Selasa dan Rabu itu libur dan sekolah masuk pada Kamis, Jumat dan Sabtu,” jelas Muslim, Kamis, 31 Maret 2022.

Ia juga menambahkan, pada pekan kedua dibulan puasa nanti akan dilaksanakan ujian sekolah, bagi siswa kelas VI SD dan siswa kelas IX tingkat SMP. Pelaksanaan ujian sekolah ini juga dilakukan secara bersamaan.

“Jadi kelas 9 SMP dan kelas 6 SD akan lakukan ujian sekolah dengan waktu yang bersamaan dipekan kedua bulan ramadan nanti,” ungkap Muslim.

Sementara penyusunan soal ujian dan distribusi, Muslim bilang, semua diserahkan ke pihak sekolah masing-masing. Sedangkan Disdik, sambung dia, hanya sebagai pelaksana teknis dengan memantau sejauh mana ujian sekolah itu berlangsung.

Untuk jadwal ujian sekolah dimulai pada Senin, 11 April 2022 dan berlangsung selama 6 hari kedepan. Dengan begitu, bagi siswa kelas I hingga V akan diliburkan, begitu juga untuk kelas VII dan VIII SMP. Sebab, ruangan kelas akan difungsikan untuk ujian.

“Ada 9 mata pelajaran pada ujian sekolah nanti,” tandas Muslim.*