Kamis, 13 Juni 2024

Seleksi Terbuka untuk Jabatan Kepsek SMP di Ternate Telah Dibuka

Ilustrasi Kepala Sekolah | Foto : Istimewa/Kaidah Malut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Seleksi terbuka untuk jabatan Kepala sekolah (Kepsek) tingkat SMP di Kota Ternate resmi dibuka pada Kamis, 17 Maret 2022.

Seleksi terbuka untuk posisi sebagai Kepsek ini, dimulai sejak 17 hingga 24 Maret 2022 yang nanti akan mengisi jabatan Kepsek pada 15 SMP Negeri di Kota Ternate.

Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, untuk pendaftaran sudah disampaikan oleh panitia seleksi (Pansel) sesuai dengan pengumuman Nomor : 01/pansel/2022 tentang seleksi terbuka pengisian jabatan Kepala Sekolah Menengah Pertama, dilingkungan Pemkot Ternate yang diteken Ketua Pansel Jusuf Sunya, dan BKPSDM Kota Ternate sebagai sekretariat pendaftaran.

“Peserta yang hendak mengikuti seleksi dapat melihat langsung persyaratannya yang telah di umumkan, di Kantor BKPSDM atau Dinas Pendidikan Kota Ternate,” ucapnya.

Samin menjelaskan, sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2021 dan Surat Edaran dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), bahwa pada seleksi terbuka ini Sekretaris Kota ditunjuk sebagai Ketua Pansel, Sekrertaris Pansel yaitu Kepala Dinas Pendidikan, dan anggotanya Dewan Pendidikan, dan unsur Pengawas sekolah termasuk BKPSDM.

“Jadi 15 formasi yang dibuka, jika ada yang memenuhi syarat silahkan bisa melamar. Dalam seleksi ini menggunakan sistem gugur,” ujarnya.

Seleksi Kepsek ini dibuka bagi SMP Negeri 1 hingga SMP Negeri 15, karena kuota yang dibuka hanya untuk 15 Kepsek SMP.

Ia juga menjabarkan untuk tahapan dalam seleksi, dilakukan selama 8 hari hingga tahapan pengumuman dan seleksi berkas serta seleksi administrasi. Kemudian pada 25 Maret yakni seleksi administrasi. Untuk seleksi penulisan makalah, lanjut Samin, akan dilakukan pada 26 dan 27 Maret. Sementara pada 28 Maret adalah tahapan pengumuman hasil penulisan makalah.

“Lanjut pada 29 Maret itu tes kompetensi CAT, lalu tanggal 30 dan 31 Maret tes wawancara, kemudian penyampaian penilaian hasil kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang dijadwalkan 01 April 2022,” pungkasnya.*