Jumat, 26 Juli 2024

Pengoperasian Plaza Gamalama Modern Ditargetkan Selepas Idul Fitri Mendatang

Plaza Gamalama Modern (Foto: Istimewa/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menargetkan, pengoperasian Plaza Gamalama Modern Ternate bisa dilakukan selepas perayaan Idul Fitri mendatang.

Hal itu ia sampaikan seusai melakukan rapat koordinasi bersama sejumlah OPD lingkup Pemkot Ternate bersama melakukan rapat koordinasi dengan PT Intimkara selaku pelaksana kegiatan, Kamis, 10 Maret 2022.

Berdasarkan penyampaian PT Intimkara saat rapat kemarin itu, pembangunan fisik Plaza Gamalama Modern sudah selesai dan telah diserahkan ke Pemkot sejak 2021 lalu.

Rizal menyebutkan, ada 3 poin yang dihasilkan untuk persiapan pengoperasian Plaza Gamalama Mkdern diantaranya, Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL), kelengkapan adminastrasi persiapan lelang, dan penilaian melalui tim appraisal (Penilaian).

Untuk pembuatan IPAL sendiri, kata Rizal, membutuhkan lahan seluas 6×4 meter, namun sudah didapat solusinya saat dalam rakor. Maka itu, Dinas PUPR diminta segera memastikan lokasi IPAL.

“Saya sudah minta ke Dinas PUPR melalui Bidang Cipta Karya agar Senin besok sudah harus turun ke lapangan,” ucap Rizal.

Soal elengkapan administrasi persiapan lelang ke pihak ketiga, lanjut Rizal, akan dibuatkan SK serta dibentuk tim panitia pelaksana lelang.

Meski begitu, sambung dia, sebelumnya harus dilakukan penilaian oleh tim appraisal yang rencananya didatangkan dari Manado.

“Tujuannya untuk melihat nilai sewa pemanfaatan gedung yang akan ditawarkan ke pihak ketiga.
Selain itu, BPKAD juga sedang menyiapkan SK tentang pemanfaatan barang milik daerah terkait dengan Plaza Gamalama. Dan itu nantinya Bappelitbangda akan membuat Skedul, agar progress kerja bisa di ukur,” terangnya.

Rizal berharap, setelah Ramadhan tahun ini, semua tahapan sudah selesai. Sehingga sudah bisa diketahui waktu pengoperasian Plaza Gamalama Modern.

“Saya minta kalau boleh selesai Ramadan atau Idul Fitri semua tahapan sudah selesai, dan kita sudah bisa tetapkan kapan Plaza Gamalama ini mulai beroperasi,” tegasnya.

Selain itu, Rizal mengatakan, nanti pihak PT Intimkara juga menyiapkan tim dari Jakarta yang datang untuk melakukan pengecekan fasilitas di Plaza Gamalama Modern seperti eskalator, listrik, AC, yang bakal dilakukan sebelum penandatanganan Final Hand Over (FHO) dengan Dinas PUPR Kota Ternate.

“Jadi harus lebih dulu dicek semuanya, mulai dari listrik maupun fasilitas lain. Supaya pada saat beroperasi sudah tidak mengalami kendala,” tutupnya.*