Kamis, 13 Juni 2024

Komisi III Desak Dinas PUPR Kota Ternate Percepat Tender Lelang Kegiatan di Tahun 2022

Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate, Anas U. Malik | Foto : Nita/Kaidah Malut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Komisi III DPRD Kota Ternate mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, untuk mempercepat tahapan tender pelaksanaan perencanaan semua program kegiatan yang melekat pada PUPR.

Tercatat 80 kegiatan lebih pada Dinas PUPR yang tersebar di empat bidang, diantaranya bidang Bina Marga, Cipta Karya, Tata Ruang, juga Gedung dan Bangunan saat ini justru masih dalam tahapan persiapan tender perencanaan.

Ketua Komisi III, Anas U. Malik kepada malut.kaidah.id, Senin, 07 Maret 2022 mengatakan, semestinya ini sudah ada tahapan tender lelang, sebab, lanjut dia, waktunya sudah masuk akhir triwulan pertama.

“Karena ini sudah lewat makanya Komisi III desak Dinas PUPR untuk mempercepat tahapan tender pelaksanaan perencanaan. Dan kami harus memastikan diakhir triwulan pertama ini sudah harus ada kegiatan tender fisik juga,” tegas Anas.

Soal percetakan tetrapod atau alat penahan ombak pelabuhan Pulau Hiri di Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat, kata Anas, itu merupakan APBD tahun 2021 dimana realisasi pembuatan tetrapod telah capai 90 persen.

“Kami juga meminta Dinas PUPR untuk pengadaan khusus tetrapod di pelabuhan Hiri harus menyesuaikan dengan kondisi alam,” ujarnya.

Menurut Anas, tahun 2021-2022 merupakan tahun penganggaran pembuatan tetrapod sekaligus pemasangan di laut. Olehnya itu, sambung dia, ini pastinya menjadi prioritas PUPR untuk mempercepat proses tersebut.

“Untuk percetakan di APBD 2021 itu sudah tidak ada masalah karena pekerjaannya sudah capai diatas 90 persen lah,” pungkasnya.*