Kamis, 13 Juni 2024

Wali Kota Ternate Siap Mendukung STQ XXVI Tingkat Nasional

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat diwawancara, Kamis (30/9) | Foto : Fitriyanti Safar/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan STQ XXVI Tingkat Nasional, yang akan diselenggarakan pada 16 Oktober 2021 mendatang di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara.

“Kami Pemkot Ternate mendukung penuh STQ Nasional, karena sebagai tuan rumah, Ternate akan membantu menyemarakkannya,” kata Tauhid kepada wartawan, Kamis, 30 September 2021.

Tauhid bilang, bentuk dukungan yang nanti akan dilakukan seperti memasang baliho di pusat Kota Ternate, memasang umbul-umbul, lebih meningkatkan kebersihan, dan juga terkait dengan informasi pariwisata, UKM, maupun kuliner.

“Kita akan menyiapkan berbagai hal untuk mendukung STQ ini, minimal ada sesuatu yang meriah sehingga tergambarkan bahwa Kota Ternate sebagai bagian dari pintu masuk untuk kafilah yang datang di Ternate. Sehingga nanti kalau para kafilah kembali ke daerah masing-masing bisa membawa kesan yang baik,” singkat Tauhid.

Sementara itu, Panitia Pusat STQ XXVI Tingkat Nasional, Kamaruddin Amin menyampaikan peserta yang telah terverifikasi sebanyak 589 peserta dan calon dewa hakim sebanyak 60 orang.

“Untuk persiapan panitia pusat sudah berjalan dengan baik dalam menyambut gelaran STQ Nasional 2021 yang akan digelar pada 14-23 Oktober 2021 di Sofifi, Provinsi Maluku Utara,” ungkap Kamaruddin.

Ada empat cabang yang akan dilombakan, yakni Cabang Tilawah Alquran, Cabang Hifzh Quran, Cabang Tafsir Alquran dan Cabang Hadist untuk putra-putri. Pendaftaran STQ mengunakan eSTQ, Penyusunan Maqra mengunakan eMaqra serta mengunakan bimtek IT,” kata Kamaruddin Amin. *