Sabtu, 18 Mei 2024

Resmi Dilantik, Korkom IMM Ternate Diminta Fokus Tangani Sampah

Foto bersama usai pelantikan Korkom IMM Ternate dan sosialisasi sampah (IMM/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Koordinator Komisariat (Korkom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah (UMMU) Maluku Utara resmi dilantik. Pelantikan berlangsung Senin, 29 April 2024 di aula Rektorat UMMU.

Pelantikan dirangkaikan dengan sosialisasi sampah di kampus UMMU. Ini juga dalam rangka memperingati HUT Pemerintah Kota Ternate yang ke-25 Tahun.

Ketua Umum IMM Ternate Darman Leko usai melantik Korkom IMM menyampaikan, selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan.

Tema sosialisasi sengaja diangkat, karena masalah sampah di Kota Ternate, kata Darman, sudah menjadi masalah bersama.

“Bukan saja kita gantungkan tangung jawab ini ke pemerintah kota, tetapi sebagai masyarakat yang juga hidup di wilayah Ternate sudah barang tentu memiliki tangung jawab yang sama, terutama masyarakat ilmiah yang ada di kampus UMMU,” kata Darman.

Darman juga berpesan kepada Korkom yang di nahkodai oleh IMMawan Masud Duwila itu, untuk selalu menjaga kebersihan, mulai dari lingkungan kampus hingga skala besar Kota Ternate.

“Perda nomor 1 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah dan di dalamnya tercantum bab 10 ketentuan pidana pasal 37 ayat 1 sampai 3, 3 bulan penjara, dan denda Rp50 juta bagi yang membuang sampah bukan pada tempatnya,” ujar Darman.

Berdasarkan edaran Pemerintah Kota Ternate, jam buang sampah mulai dari pukul 18.00-04.00 dini hari.

“Dan ini apabila kita lakukan, maka perlahan-lahan kesadaran kita atas permasalahan sampah ini akan teratasi dengan baik, baik pemerintah dan seluruh OPD maupun masyarakat, yang ada di Kota Ternate harus bergandengan tangan,” timpalnya.

Ia menegaskan, bahwa IMM Kota Ternate selalu terus mengajak dan mengawal masalah sampah.

“Apabila kita belum betul-betul tegakkan peratutan daerah tentang pengelolaan sampah sebagai pegangan kita, untuk mengatasi sampah di Kota Ternate, maka kita terus saja bermasalah dengan lingkungan,” tegasnya.

Senada, Wakil Rektor 2 UMMU, Dr Ranita Rope mengatakan, kampus UMMU juga sudah menyiapkan berbagai macam tempat sampah yang ada di setiap sudut kampus.

“Sehingga perlu untuk kerja sama kita, dalam menjaga kebersihan UMMU dan Kota Ternate secara luas,” pungkasnya. (*)