Sabtu, 18 Mei 2024

PLN ULP Bacan dan UP3 Ternate: Berikan Layanan Ketenagalistrikan yang Handal Bagi Pelanggan

Pemeliharaan listrik yang dilakukan petugas PLN (Istimewa/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – PLN UP3 Ternate melalukan pemeliharaan keandalan jaringan terus menerus, secara simultan demi menjaga keamanan pasokan listrik. Hal itu, merupakan komitmen PLN untuk memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang terbaik bagi seluruh pelanggan.

Pemeliharaan yang dilakukan di antaranya penggantian material yang sudah usang, melakukan pemantauan kondisi jaringan secara rutin dan memangkas atau menebang pohon untuk mengamankan jarak batas aman jaringan.

Penebangan dan pemangkasan pohon, yakni yang jaraknya berdekatan dengan jaringan listrik. Hal ini menjadi program prioritas PLN UP3 Ternate khususnya Unit Layanan Pelanggan Bacan.

Program pemeliharaan jaringan melalui penebangan dan pemangkasan pohon dipandang sangat perlu, mengingat pohon merupakan salah satu faktor terbesar, yang berpotensi menginterupsi atau mengganggu keamanan kabel milik PLN.

Sebab, banyak pohon tumbang atau ranting pohon menyentuh kabel jaringan milik PLN, dan itu bisa mengganggu aliran listrik hingga terjadi pemadaman.

Manager Unit Layanan Pelanggan Bacan Jamal Amas, menyampaikan, sebagian besar jaringan listrik di Pulau Bacan meliputi kecamatan Bacan Barat, Bacan Timur, Bacan Utara, Bacan Timur Selatan, Bacan Timur Tengah, Bacan Selatan, Bacan Barat Utara hingga Mandioli berada di bawah pohon tanaman milik warga.

Olehnya itu, Jamal meminta kerja sama yang baik dari masyarakat pemilik pohon, agar dapat menginformasikan kepada pihak PLN ULP Bacan, jika ada pohon yang akan ditebang ataupun dipangkas.

Menurut Jamal, pohon harus ditebang dengan jarak aman 3 meter, baik dari sisi atas, bawah kiri dan kanan. Apabila pohon tumbang, sambung dia, tentu banyak jaringan listrik yang rusak.

“Jika diperbaiki pun butuh waktu agak lama. Selain itu kendala dari PLN juga ada beberapa tempat yang tidak mau pohon miliknya dipangkas atau ditebang. Padahal kalau pohon tumbang agak lama diperbaikinya dan yang rugi juga banyak pihak,” ujar Jamal kepada media ini, Senin, 29 April 2024.

Terpisah, Manager PLN UP3 Ternate Kurniawan Fitrianto, menyebutkan, saat ini cukup banyak pohon besar di dekat jaringan listrik PLN. Dirinya juga meminta masyarakat yang memiliki pohon di dekat jaringan listrik, dengan kerelaan hatinya mengizinkan pohon miliknya untuk ditebang.

“Kami minta kerelaan hati masyarakat, untuk pohonnya yang berada di dekat jaringan listrik dapat ditebang atau dipangkas demi kepentingan bersama, yaitu terjaganya pasokan Listrik hingga ujung jaringan,” pinta Kurniawan.

Kurniawan bilang, penebangan pohon di dekat jaringan listrik untuk mencegah tumbangnya pohon saat angin kencang, dan menimpa jaringan listrik.

“Gangguan jaringan listrik terjadi akibat tumbangnya pohon, selain itu juga dapat menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat, baik yang berada di sekitar pohon dan ataupun yang area berdekatan. Ini untuk mencegah gangguan jaringan listrik dan menjaga keselamatan kita semua,” timpalnya.

Kurniawan juga berharap agar masyarakat bisa aktif melapor, jika menemukan instalasi listrik PLN yang rusak atau ingin melakukan pemangkasan pohon demi keamanan.

“Silakan mengakses PLN Mobile, untuk melakukan pelaporan dan mempercepat perbaikkan,” tandas Kurniawan. (*)