Sabtu, 18 Mei 2024

Bak Rumah Hantu, Komisi 3 Desak Dinkes Ternate Renovasi Poskeskel Marikurubu

Kunjungan Anggota Komisi 3 DPRD Tidore ke Poskeskel Marikurubu, Ternate Tengah (Nella/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Maluku Utara, meninjau Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) di Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah, Rabu, 17 Januari 2024.

Kedatangan Komisi 3 ini bersama Dinas Kesehatan dan pihak Kelurahan Marikurubu, berdasarkan aduan masyarakat terkait dengan aktivitas poskeskel yang tidak terurus difungsikan lagi.

Anggota Komisi 3 Nurlaela Syarif mengatakan, pembangunan poskeskel di lingkungan Torano ini, dibangun sejak tahun 2017. Sebelumnya, bangunan ini sempat difungsikan tetapi belakangan sudah tidak terurus, sehingga terkesan seperti rumah hantu.

“Dari konstruksi pembangunan awal, gedung ini memang sangat tidak ramah terhadap pasien, sehingga saat ini kondisi atapnya sudah mulai bocor,” ungkapnya.

Olehnya itu, sambung Nurlaela, Komisi 3 meminta kepada Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan untuk memprioritaakan aset-aset kesehatan di Kelurahan Marikurubu, khusunya di lingkungan Torano. Apalagi, akses dari poskeskel ke puskesmas kota jaraknya jauh.

“Tenaga kesehatan di Ternate inikan begitu banyak. Cenderung mubajir jika ditempatkan di Rumah Sakit Ternate, harusnya kan dilakukan juga penempatan di poskeskel,” pintahnya.