Sabtu, 18 Mei 2024
SOFIFI  

PLN Pastikan Pasokan Listrik Selama STQ Nasional Cukup

Sejumlah persiapan yang dilakukan PLN Sofifi untuk pelaksanaan STQ Nasional ke XXVI | Foto : Humas PLN Sofifi/Malut Kaidah

SOFIFI, KAIDAH MALUT – PLN akan menyiapkan dua unit Uninterruptable Power Supply (UPS) berkapasitas 200 kilo volt ampere (kVA), empat Unit Gardu Bergerak (UGB) berkapasitas 3 x 250 kVA, dan 1 x 400 kVA serta enam unit genset dengan kapasitas 3 x 100 kilo watt (kW) dan 3 x 250 kW untuk Pembukaan STQ Tingkat Nasional 2021 di Masjid Raya Sofifi.

PLN juga, memperkuat keandalan pasokan kelistrikan dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Sofifi sebagai backup sistem yang di supply dari PLTD Sofifi.

“Saat ini sistem kelistrikan Sofifi memiliki daya mampu sebesar 9,9 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5,8 MW sehingga terdapat cadangan daya 4,1 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran STQ diprediksi mencapai 7,2 MW,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara.

Dia mengatakan, pihaknya secara proaktif terus melakukan koordinasi, dengan pihak Pemerintah Provinsi Maluku Utara, serta Panitia Penyelenggaraan STQ Nasional yang ke 26. Terutama terkait dengan pengamanan kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk gelaran STQ ini.

“Kami siap mengamankan pasokan kelistrikan gelaran STQ ke 26 tingkat Nasional di Sofifi, khususnya mulai dari kegiatan pembukaan sampai dengan penutupan perhelatan akbar ini, serta kelistrikan di Sofifi secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung,” jelas Adams, Rabu, 6 Oktober 2021.

Menurut Adams, untuk menyukseskan kegiatan tersebut, PLN mengerahkan 115 personil yang akan disebar ke enam lokasi pelaksanaan STQ. Para petugas ini nantinya, akan bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 7-24 Oktober 2021. *