Minggu, 10 Desember 2023

Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Stadion Malut United Arena

Peletakkan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena di Sofifi (Istimewa/Kaidahmalut)

SOFIFI,KAIDAH MALUT – Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba melakukan peletakan batu pertama, pada pembangunan Stadion Malut United Arena, Senin, 14 Agustus 2023.

Pembangunannya terpusat di Desa Kusu, Kecamatan Oba Utara, Sofifi, Kota Tidore Kepulauan.

Lahan pembangunan stadion tersebut, telah dibebaskan oleh PT Malut Maju Sejahtera dengan lahan seluas 6 hektar.

“Dalam perencanaannya, Stadion ini luasannya 4.182 meter persegi yang di desain dengan kapasitas kursi single seat sebanyak 30 ribu penonton, yang diilhami dari beberapa stadion sepak bola di Eropa,” terang Owner Malut United, yang diwakili oleh Manager Utama, Mineral Trobos, Zainuddin Umasangaji.

Zainuddin bilang, stadion Malut United Arena akan menjadi stadion termegah di Indonesia Timur, yang merupakan stadion pertama yang dimiliki klub sepak bola di Indonesia.

“Insya Allah, bila tidak ada halangan, Stadion ini akan dibangun selama 3 tahun. Dengan konsep minimalis modern yang dipadukan dengan nilai-nilai lokal sepeti salawaku yang merupakan simbol pertahanan dari Maluku Utara sekaligus pertahanan Malut United FC,” kata dia.

Selain stadion, sejumlah infrastruktur pedukung juga akan dibangun di lokasi ini, seperti wisma pemain dan pelatih, lapangan latihan dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

“Kami berharap, tiga hal yang dilakukan yakni, kehadiran klub sepak bola Malut United, renovasi stadion Gelora Kie Raha dan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena adalah pertanda kebangkitan sepak bola di Maluku Utara,” pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dalam sambutanya mengatakan, peletakan batu petama pembangunan Stadion Malut United Arena adalah penghargaan sekaligus kenang-kenangan bagi dirinya di sisa masa jabatannya sebagai Gubernur.

“Ini pembangunan untuk generasi muda Maluku Utara, siapapun yang nanti menjadi Gubernur, bisa meneruskan pembangunan di daerah ini ke depan terutama bagi publik pencinta bola di Maluku Utara,” tutupnya.

Pada peletakan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena juga dihadiri oleh Sultan Tidore, Sultan Ternate, Wali Kota Ternate, Forkompimda Maluku Utara dan Manajemen serta seluruh skuad Malut United. (*)