Minggu, 19 Mei 2024

Kemendikbudristek RI Naikkan PIP 2024, Sekolah Diminta Fokus Pendataan

Sekretaris Dikbud Maluku Utara, Ramli Kamaluddin (Ist/kaidahmalut)

SOFIFI, KAIDAH MALUT – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Repulblik Indonesia resmi menaikkan beasiswa, untuk Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2024.

Tahun 2024 ini, PIP naik menjadi Rp1.800.000 dari sebelumnya Rp1.000.000 Program ini merupakan program Kemendikbudristek yang dipimpin oleh Menteri Nadiem Makarim.

PIP 2024 bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi siswa yang membutuhkan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara Ramli Kamaludin mengatakan, PIP bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi siswa yang membutuhkan.

Dengan adanya kenaikkan PIP, kata Ramli, Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara telah melakukan verifikasi dan validasi data dari hasil usulan sekolah, yang bersumber dari data pokok pendidikan (Dpodik).

“Peserta didik dari jenjang SMA dan SMK yang sudah ditetapkan sebagai peserta penerima PIP tahap 1 tahun 2024, tercatat sebanyak 2.565. Data ini bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” jelas Ramli.

Jumlah penerima PIP tahap I tahun 2024 itu, sambung Ramli, dilihat dari beberapa aspek yakni Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

“Berstatus yatim atau piatu atau keduanya atau berasal dari panti asuhan atau panti sosial atau sekolah. Terdampak bencana alam atau konflik sosial. Drop out atau putus sekolah, dan ingin kembali melanjutkan pendidikan,” sambungnya.

PIP juga dinilai berdasarkan siswa yang memiliki kondisi khusus seperti kelainan fisik, korban PHK, anak terpidana, atau berada di lembaga pemasyarakatan. Selain itu pula, memiliki lebih dari tiga saudara kandung yang tinggal serumah dan berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin, yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial.