Kamis, 13 Juni 2024

BP2JK Malut Diduga Kongkalikong Tender dengan Oknum Pegawai BWS

Korlap AMAK, Mukaram (Foto: Istimewa/Kaidahmalut)

Ada enam perusahaan ikut dalam tender proyek, yang melekat pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan satuan kerja, SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Maluku, Provinsi Maluku Utara. Di antaranya PT Laleva Indah Lestari, PT Pembangunan Teknik Konstruksi, PT Puncak Salagor, PT Bukaka Pasir Indah, PT Bumi Aceh Citra Persada, dan PT Sumber Cipta Yoenanda.

“Kita juga mengetahui sanksi yang diberikan ke PT Bumi Aceh Citra Persada itu, terhitung sejak 28 Desember 2021 sampai 28 Desember 2022,” terangnya.

Proyek yang berlokasi di Kecamatan Morotai Utara dan Kecamatan Morotai Timur itu, tentunya harus ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

Melalui rilisnya itu pula, Mukaram mengancan akan melakukan konsolidasi dan demonstrasi, pada 09 Februari 2023. Dengan tujuan, kata dia, untuk mendesak dan meminta KPK segera menyelediki motif lolosnya perusahaan, yang notabene sudah cacat.

“KPK harus segera panggil dan periksa BP2JK Maluku Utara dan oknum BWS, yang diduga jadi dalang intelektual. Kami juga akan mendesak Kementerian PUPR, untuk segera mengevaluasi seluruh proyek di lingkungan BWS, yang dalam tendernya terdapat berbagai kejanggalan,” tegasnya. (*)