Sabtu, 18 Mei 2024

Mahasiswa UMMU Malut Sukseskan Program Digitalisasi Kampung di Tidore

Peserta KKSD UMMU Malut saat mengenalkan program kampus di Tidore (Ist/kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Sebanyak 121 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UMMU) Maluku Utara, melakukan Kuliah Kerja Sosial dan Dakwah (KKSD) di Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Senin, 13 Mei 2024.

KKSD itu dalam rangka mensukseskan Digitalisasi Kampung, yang merupakan program unggulan dari UMMU.

Peserta KKSD dan rombongan dipimpin Wakil Rektor 1, UMMU Maluku Utara, Dr. Abdul Halil Hi. Ibrahim Tjan.

Mewakili Rektor UMMU, Dr. Abdul, kemudian melepas 121 peserta KKSD yang diterima langsung oleh Kepala Kecamatan Tidore Timur, Samsul Failisa.

“Kolaborasi menjadi penting pada pelaksanaan KKSD, karena digitalisai membutuhkan data yang akurat dan dapat di peroleh dengan pelibatan pihak kelurahan dan masyarakat” ungkap Dr. Abdul.

Senada, Suryadi selaku Kabid Pengabdian LRP2H UMMU mengatakan, KKSD UMMU akan dilakukan selama 2 bulan dan tersebar di beberapa kelurahan yang ada di Kecamatan Tidore Timur, seperti di Kelurahan Cobodoe, Dowora, Doyado, Tosa, Mafutu, dan Jiko Cobo.

“Digitalisasi Kampung, tidak hanya tentang profil kelurahan tetapi termasuk dengan potensi unggulan kelurahan, circular ekonomi serta edukasi tentang kampung digital,” terangnya.

Kepala Kecamatan Tidore Timur Samsul Failisa, menyambut baik kedatangan ratusan peserta KKSD. Menurutnya, program Digitalisasi Kampung yang dibawa peserta KKSD sudah sejak lama dinantikan kecamatan.

“Program Digitalisi Kampung ini, sudah lama kami harapkan. Semoga program ini bisa terwujud, dan sebagai pihak kecamatan tentunya kami sangat mendukung,” pungkasnya. (*)