Sabtu, 18 Mei 2024

Grand Final Duta GenRe 2024: Panggung Remaja Maluku Utara Demi Generasi Emas

5 pasang pemenang Duta GenRe Maluku Utara (Mediacenter/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Sebanyak 10 finalis atau 5 pasang Duta Generasi Berencana (GenRe) beradu gagasan, dalam Grand Final Duta GenRe Provinsi Maluku Utara tahun 2024. Mereka diharapkan menjadi agen of change di kalangan teman sebayanya, agar menyebarkan informasi dan pesan positif terhadap para remaja.

Acara Grand Final Duta GenRe kembali digelar di Royal Resto Hall Function Ternate pada Sabtu, 04 Mei 2024 malam. 10 finalis berasal dari berbagai daerah di Maluku Utara yaitu Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sula.

Pada kesempatan itu, para finalis diberikan waktu 30 detik untuk menyampaikan gagasan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri mengenai beragam persoalan, yang dihadapi remaja saat ini yang kemudian akan menjadi nilai terakhir penentu juara Duta GenRe pada tahun 2024.

Plt Gubernur Maluku Utara yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Fachruddin Tukuboya saat membuka kegiatan grand final Duta GenRe menyampaikan, usia remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini menurutnya, mengalami beberapa perubahan yang terjadi baik secara fisik maupun psikologis maupun sosial.

Fachrudin saat membacakan sambutan Plt Gubernur Maluku Utara menyampaikan, agar masa peralihan ini lebih mengarah pada kegiatan positif, maka para remaja harus didukung dengan kreatifitas. Olehnya itu, dirinya menilai melalui kegiatan Duta GenRe, bisa memberikan kontribusi dan bermanfaat bagi perkembangan para remaja di Provinsi Maluku Utara.