Sabtu, 18 Mei 2024

Road To Festival Kora-kora di Ternate, Ada Pesta Kolaborasi

Rustam P. Mahli (Istimewa/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Dalam rangka mempromosikan budaya Maluku Utara, Pemerintah Kota Ternate dalam waktu dekat bakal menggelar Festival Kora-Kora.

Kegiatan ini, merupakan agenda rutin yang digagas Pemerintah Kota Ternate dalam setiap tahun berjalan. Kali ini, dipastikan kegiatannya tak kalah menarik dari tahun sebelumnya.

Bagaimana tidak, dalam pergelaran festival tersebut, Dinas Pariwisata Kota Ternate juga mengadakan event pesta kolaborasi pada tanggal 17-18 Mei 2024.

Event ini dimotori oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Siberkreasi sebagai penyelenggara talkshow Makin Cakap Digital 2024, yang merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital.

Kegiatan ini, akan digelar pada Sabtu, 17 Mei 2024 di Landmark Ternate pada momentum Pesta Kolaborasi bertajuk “Jaga Data Pribadi Agar Diri Aman di Ruang Digital”.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kota Ternate, Rustam P. Mahli, mengatakan, sebagai sebuah event promosi pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Ternate selalu terbuka dengan semua stakeholder untuk berkolaborasi, guna meningkatkan kunjungan wisatawan agar ikut melestarikan warisan nilai sejarah dan kebudayaan masa lalu yang dapat dijadikan sebagai kekuatan pembangunan bangsa.

Ia menjelaskan, Festival Kora-Kora merupakan sebuah festival budaya Moloku Kie Raha (Maluku Utara) yang merupakan daerah kepulauan yang memiliki tradisi kemaritiman yang berjaya pada kerajaan nusantara masa lalu.

Dengan kekuatannya sebagai moda transportasi utama dan gemilang dimasa itu, berupa kapal perahu, mampu menyatukan kepulauan yang terpisah oleh lautan, melakukan ekspansi kekuasaan, bukan hanya mencakup wilayah nusantara, tetapi juga wilayah Mindanao di Filipina Selatan hingga ke Madagaskar.