Rabu, 24 April 2024

Komisi II DPRD Tikep Minta Pemkot Perhatikan Sektor Pariwisata

Wakil Ketua Komisi II DPRD Tikep, Riri Do Taher | Foto: Malut Kaidah/Istimewa

TIDORE, MALUT KAIDAH – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Riri Aisyah Do Taher, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tikep agar lebih memerhatikan sektor pariwisata.

“Tikep punya spot-spot wisata yang tak kalah menarik dan indah dengan daerah lainnya. Ini harus didorong, harus diperhatikan agar dapat menambah pendapatan bagi Tikep,” kata Riri Aisyah Do Taher.

Apalagi, sambung Riri, sektor Pariwisata masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Aman Jilid II tahun 2021-2026 Kota Tikep.

“Kita butuh sinergitas Pemkot Tikep untuk mendorong pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Riri, Selasa, 10 Agustus 2021.

Menurut dia, kini Komisi II DPRD Tikep menggandeng Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Maluku Utara, untuk membentuk Genpi Tikep yang nantinya akan mendorong promosi pariwisata di Tikep. Dengan begitu, diharapkan ada sinergitas dengan Pemkot sehingga sektor pariwisata dapat berkembang dan mendatangkan nilai tambah bagi Tikep.

“Banyak tempat wisata di Tidore yang belum tersentuh, sehingga idenya untuk mengembangkan wisata dan ekonomi kreatif, khususnya UMKM yang ada di Tidore, bisa diakomodir secara menyeluruh oleh Pemkot,” saran Riri.

Selain itu, kata dia, saat ini ada 40 hingga 50 UMKM yang belum tersentuh oleh Pemkot dan instansi terkait, sehingga melalui ekonomi kreatif, diharapkan bisa terealisasi dengan baik.

“Kan banyak UMKM di sini, dan saya berharap itu juga bisa jadi perhatian bagi Pemkot, agar supaya pelaku-pelaku usaha kecil ini bisa memenuhi kebutuhan ekonomi mereka masing-masing,” harapnya.*