Jumat, 24 Mei 2024

Polres Halbar Siagakan 250 Personil untuk Pengamanan Kunker Presiden Jokowi

Kapolres Halbar, AKBP Indra Andiarta | Foto : Marwan/Kaidahmalut

HALBAR, KAIDAH MALUT – Polres Halmahera Barat siapkan 250 personil untuk pengamanan kunjungan kerja (kunker) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Jailolo, Halmahera Barat, pada Rabu 28 September 2022.

Kapolres Halbar, AKBP Indra Andiarta mengatakan, Polres Halbar menyiagakan 250 personil, 13 di antaranya adalah polwan.

“Kalau dari Brimob juga kurang lebih 133 personil, terus dari Dir Samapta 900 personil dan juga personil polwan dari Polda Malut ada 11 orang, kata Kapolres saat meninjau lokasi kunker Presiden di Pasar Jailolo, Selasa, 27 September 2022.

Meski baru kali pertama Presiden Jokowi ke Jailolo, namun pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap menjaga ketertiban.

“Jadi diimbau agar masyarakat juga ikut menjaga ketertiban, dan keamanan supaya kedepan Presiden lebih antusias lagi, dalam melakukan kunjungan ke Maluku Utara khususnya Halmahera Barat,” ujar dia.

Sementara untuk jalur lalu lintas tetap ada pengamanan dari kepolisian, selain itu jalur rekayasa tetap dibuat, tapi tidak sampai menutup jalan.

“Hanya pindahkan jalur saja, itu merupakan permintaan dari paspampres dan juga protokol,” ucap Kapolres.

Pembatasan mobilitas masyarakat tetap dilakukan dimana jalur-jalur tertentu, yang bakal dilewati Presiden supaya tidak terjadi kepadatan.

“Untuk tempat parkir di pasar, kami bisa arahkan ke lapangan Banau. Untuk masyarakat tetap bisa berbelanja di Pasar Jailolo, maupun melihat aktivitas di Kantor Pos Jailolo,” tambahnya.

Ia berharap, masyarakat tetap menjaga ketertiban apalagi disaat Presiden membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bantuan sembako.

“Untuk benda tajam yang gunakan oleh pedagang di pasar bakal diamankan, kecuali untuk pedagang ikan yang digunakan untuk jualan tetap diperbolehkan,” pungkasnya,” (*)