Sabtu, 18 Mei 2024

Wujudkan Green Energy, PLN Komitmen Lindungi Hutan di Halmahera Tengah

Penanaman pohon di area rehabilitas di Weda (Humas PLN/kaidahmalut)

HALTENG, KAIDAH MALUT – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) komitmen terhadap upaya tanggung jawab sosial, dan kepedulian terhadap lingkungan di kawasan kerjanya.

Melalui Unit Layanan Pelanggan (ULP) Weda, PLN berpartisipasi aktif dalam kegiatan percepatan penanaman, untuk rehabilitasi daerah aliran sungai yang terletak di hutan lindung Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

“Kolaborasi terus kami bangun bersama pihak-pihak terkait di wilayah kerja PLN UIW MMU, terutama dalam hal peningkatan kepedulian terhadap sosial maupun lingkungan. Maka, inisiatif Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara dan BPDAS Akelamo ini Kami sambut karena sesuai dengan concern PLN juga dimana sama2 saling menjaga bumi untuk mewujudkan energi bersih dan ramah lingkungan,” terang General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula, Kamis, 25 April 2024.

Langkah ini, lanjut Awat, sebagai upaya konkret dalam menjaga keberlanjutan ekosistem dan konservasi hutan, di wilayah Halmahera Tengah. Awat berharap, kolaborasi apik ini dapat menghasilkan kelestarian jangka panjang. 

Adapun PLN ULP Weda berkontribusi dalam kegiatan ini dengan menyediakan tenaga, serta sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses penanaman pohon di area rehabilitasi. Selain itu, Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara dan BPADS juga, memberikan pemahaman mengenai pentingnya pelestarian hutan dan peranannya dalam menjaga kelestarian alam.

“Kami bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan rehabilitasi daerah aliran sungai di hutan lindung Kecamatan Weda yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara dan BPDAS Akelamo. Sebagai perusahaan yang beroperasi di Halmahera Tengah, kami merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam upaya pelestarian dan konservasi lingkungan. Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan konservasi seperti ini,” ujar Manager PLN ULP Weda, Rahmad.

Partisipasi PLN ULP Weda dalam kegiatan ini merupakan dukungan implementasi dalam transformasi PLN, yakni secara perlahan bertransisi ke green energy. Hal ini juga PLN lakukan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dan konservasi hutan.

PLN ULP Weda berharap melalui kegiatan ini, dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam mendukung upaya rehabilitasi dan pelestarian hutan lindung di Kecamatan Weda. (*)