Jumat, 14 Juni 2024

Sempat Melonjak Gara-gara Cuaca Buruk, Harga Ikan di Ternate Mulai Stabil

Ikan mentah di pasar (Foto: Rian/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Mayoritas harga ikan di Kota Ternate, Maluku Utara, kini mulai stabil usai sebelumnya alami kenaikan karena cuaca buruk. Melejitnya harga ikan tersebut terjadi sejak pekan lalu.

Ida (57 tahun), pedagang ikan di Pasar Higienis Ternate, mengatakan, harga ikan setidaknya mulai kembali normal sejak Kamis, 16 Februari 2023.

“Mulai normal hari ini, karena pasokan dari nelayan kan sudah banyak jadi harganya juga mulai stabil,” kata Ida, pada Jumat, 17 Februari 2023.

Ia menyebut, ikan sorihi (ikan kembung) dibandrol dengan harga Rp25.000 sampai Rp30.000 per loyang, sedangkan cakalang ekor kuning sedang harganya Rp130.000.

Dibanding pekan lalu, menurut Ida, harga ikan kembung di Pasar Ternate naik menjadi Rp50.000 per bokor, sedangkan cakalang sedang rata-rata Rp150.000.

“Kemarin itu karena cuaca buruk jadi pasokan dari nelayan berkurang, sehingga harga naik,” jelasnya.

Kendati sudah kembali normal, Ida mengaku bahwa harga ikan lazimnya bersifat fluktuatif (naik-turun), tergantung aktivitas nelayan.

“Ya kita berharap saja semoga ke depan cuaca bisa lebih bagus dan pasokan ikan meningkat. Dengan begitu, harga bisa tetap normal,” tukasnya. (*)