Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

Festival Jou Kota Resmi Dihelat, Sekda Tidore: Tingkatkan Kekompakan

Pembukaan Festival Jou Kota di Desa Garajou, Tikep (Humas/kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Festival Jou Kota Desa Garajou ke 60 Tahun, Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan, resmi dibuka, Rabu, 01 Mei 2024. Kegiatan terpusat di lapangan bola Desa Garojou.

Pembukaan dilakukan oleh Wakil Wali Kota Kota Tidore Kepulauan yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dokumalamo. Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekda yang didampingi Ketua 1 Tim Penggerak PKK Rahmawati Muhammad Sinen, Camat Oba Utara Rusdi Djamaluddin Kepala Desa Garojou Halil Sabtu, dan anggota DPRD Kota Tidore Kepualuan Marwan Suwardi.

Sekda dalam sambutannya menyatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan selamat Hari Jadi Desa Garajou yang ke-60 tahun.

Festival Garajou ini, adalah rangkaian dari Hari Jadi Desa Garajou. HUT ini, kata Sekda, memiliki makna yang mendalam yakni sebuah kilas balik sejarah panjang terbentuknya desa Garojou dari 60 tahun yang lalu.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore ini juga menuturkan, perjalanan panjang ini memiliki sebuah proses yang dapat dilihat bahwa hari ini, Desa Garajou sudah memiliki sebuah perubahan besar.

“Perayaan hari ini sudah menjadi sebuah bukti nyata bahwa masyarakat Desa Garajou, telah membuktikan bahwa usia 60 tahun adalah menjadi semakin kreatif dan semakin berdinamika mengikuti perkembangan yang ada, serta dengan kegiatan ini tentunya membawa sebuah semangat baru, yang akan membawa sebuah doa untuk Desa Garajou semakin lebih baik di masa depan,” ungkap Sekda.

Menurutnya, festival ini menjadi sebuah pertunjukkan dan hiburan kepada masyarkat yang dilakukan oleh para pemuda, yang tergabung dalam panitia pelaksana.

“Panitia telah bekerja keras bersama masyarakat untuk mewujudkan Festival Jou Kota yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena kegiatan ini sudah disusun dengan sangat baik dan dengan professional,” ucapnya.

Ismail Dokumalamo berharap melalui kegiatan Festival Garajou ini akan semakin meningkatkan kekompakkan di antara masyarakat Desa Garajou, sehingga setiap rencana pembangunan yang akan dirancang dapat dicapai bersama-sama. (*)