Sabtu, 18 Mei 2024
SOFIFI  

Dinkes Malut Siaga 24 Jam Selama STQH Nasional di Sofifi

SOFIFI, KAIDAH MALUT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku Utara (Malut), menyiagakan 105 tenaga kesehatan (Nakes) yang terdiri dari dokter dan perawat serta 72 unit ambulans di perhelatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Malut.

“Ratusan nakes ditugaskan secara bergilir sejak penjemputan kafilah hingga penutupan nantinya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Malut, Idhar Sidi Umar, Selasa, 19 Oktober 2021.

Idhar bilang, para nakes ditugaskan di setiap venue. Bahkan, ada juga posko kesehatan utama yang siaga 24 jam di Kantor Dinkes Malut.

“Posko utama dibuka 24 jam. Kita melakukan pemeriksaan secara berkala dan melayani setiap yang datang, baik kafilah, panitia, panitera, dan dewan hakim,” jelasnya.

Tim kesehatan ini, lanjut Idhar, sudah melakukan pemeriksaan terhadap para kafilah dan tamu lainnya, sejak kedatangan baik di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, maupun di Bandara Sultan Baabullah Ternate.

“Semuanya kita lakukan sesuai prosedur dan protokol kesehatan. Bagi yang ada gejala agak berat kita sudah siapkan mekanismenya,” tambahnya.

Meski begitu, tambah dia, sejak daftar ulang peserta STQH Nasional yang ke-26 pada Kamis, 14 Oktober 2021 lalu, Idhar mengaku kondisi kesehatan seluruh kafilah dalam kondisi baik.

“Hanya ada yang sakit ringan, termasuk sakit bawaan seperti diabetes melitus, hypertensi, dan lainnya,” tandasnya.*