Minggu, 5 Mei 2024
Tikep  

Kalahkan 3 Kandidat, Iswan Salim Terpilih Jadi Ketua IKA PMII Tidore

Iswan Salim (Istimewa/kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Kandidat Iswan Salim akhirnya terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) PMII Kota Tidore Kepulauan periode 2024-2029. Iswan terpilih melalui musyawarah cabang (muscab) II, yang dihelat Rabu, 24 April 2024 di aula Nuku kantor Wali Kota Tikep.

Pada muscab itu, Iswan mengalahkan tiga kandidat lainnya yakni Suratmin Idrus, Asma Ismail, dan Fardi Hamid.

Iswan merupakan salah satu ASN di lingkup Pemda Tidore, dan saat ini menjabat Kabid Bina Desa Dinas PMD Tidore.

Pemilihan ketua dilakukan secara mufakat. Sebelumnya ada juga tahapan pemilihan umum. Para kandidat diminta melakukan pembicaraan tingkat 1, jika tidak menemukan hasil yang baik, maka akan dilanjutkan pada pembicaraan tingkat 2 melalui forum musyawarah dengan sistem votting.

Dalam proses pembicaraan tingkat 1 lintas kandidat, forum memyepakati dan menetapkan Iswan sebagai ketua terpilih.

Dalam pemilihan tersebut, ada sebanyak 57 peserta yang hadir. Hasil muscab diumumkan Sekretaris Nahdlatul Ulama (NU) Tidore, Karim Rabo.

Kesempatan itu pula, Karim memyampaikan apresiasi kepada panitia muscab, karena pemilihan bisa berjalan dengan lancar, aman tanpa gejolak.

“Saya sangat bangga dengan proses musyawarah kali ini, karena sesuai dengan tradisi NU. Pemilihan ketua dilakukan secara mufakat, sehingga tidak lagi ada gejolak yang dapat memecah belah persatuan IKA PMII Tidore,” ujar Karim.

Karim berharap, ke depannya IKA PMII Kota Tidore menjadi barometer untuk kesinambungan antara para alumni, maupun kader-kader PMII dan banom-banom NU lainnya, yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

“Kolaborasi menjadi penting untuk kita kembangkan IKA PMII lebih baik lagi, karena ke depan banyak program dari kementrian yang perlu kita lakukan kerja sama. IKA PMII diharapkan menjadi motor penggerak dalam mensukseskan program pemerintah, yang telah dilakukan kerja sama dengan Nahdlatul Ulama,” pungkasnya.

Terpisah, ketua terpilih Iswan Salim menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan kepadanya, untuk memimpin IKA PMII Kota Tidore lima tahun ke depan.

Iswan yang tengah melakukan dinas di luar daerah itu, tak lupa mengajak tiga kandidat yang belum terpilih, untuk bergabung dan mendukung kepemimpinannya itu.

“Amanah ini sangat mulia bagi saya, sehingga saya berharap kita semua dapat bekerjasama untuk mensukseskan, setiap program kerja yang akan dicanangkan,” pungkasnya. (*)