Minggu, 19 Mei 2024
Tikep  

Malut United Melaju ke Liga 1, Coach Hengky Oba Diangkat Jadi Adik Sultan Tidore

Pelatih Hengky Oba bersama Sultan Tidore (Nita/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Usai meraih tiket promosi Liga 1, tim Malut United langsung bertolak ke Ternate merayakan kemenangan bersama masyarakat.

Tak hanya di Ternate, tim asuhan Coach Imran Nahumarury itu pula menghadiri undangan buka puasa bersama di Kedato Kesultanan Tidore, Jumat, 15 Maret 2024.

Setibanya di pelabuhan speedboat Kelurahan Rum, pasukan Laskar Kie Raha itu disambut antusias warga Tidore. Iring-iringan rombongan menuju kedato di Kelurahan Soasio, dikawal oleh ratusan pendukung yang terdiri dari berbagai suporter klub tarkam di Kota Tidore Kepulauan.

Sultan Tidore dalam sambutannya, berterima kasih atas kedatangan rombongan Malut United. Sultan juga mengapresiasi kemenangan Ilham Udin Armaiyn cs atas capaian Liga 1.

Bagi Sultan, perjuangan Malut United bukanlah hal yang mudah, karena harus melawan tim-tim terbaik. Liga 1 Indonesia, merupakan sebuah rahmat dan keberkahan dari Allah SWT bagi tim Malut United dan masyarakat Maluku Utara.

“Kemenangan ini adalah anugerah terbesar bagi pecinta sepakbola di Maluku Utara. Saya berharap Malut United bisa menjadi yang terbaik di devisi satu,” ungkap Sultan usai menjamu Malut United.

Sultan juga berharap, masyarakat Maluku Utara khusunya Kota Tidore Kepulauan dapat bersatu memberikan dukungannya kepada Malut United, hingga keluar menjadi sang juara di Liga 1 Indonesia.

“Doa dan dukungan dari masyarakat dibutuhkan untuk mengantarkan Malut United menjadi yang terbaik, maka dari itu saya juga mendoakan agar tim kebanggan Maluku Utara ini, dapat menjadi juara di devisi satu nanti,” harap Sultan.

Di kesempatan itu pula, Sultan memberikan penghargaan kepada salah satu pelatih Malut United, Hengky Oba.

Hengky Oba diangkat menjadi adik Sultan Tidore. Hengky Oba merupakan representasi dari masyarakat Oba yang berprestasi di dunia sepakbola, yang juga menyandang marga Oba.

Ini mengingat wilayah Oba merupakan satu kesatuan, yang tak terpisahkan dari Kedato Kesultanan Tidore. Dan Hengky, sambumg Sultan, keterwakilan dari umat kristiani yang ada di daratan Oba.

“Hengky ini saya angkat jadi adik saya. Dia (Hengky) mewakili masyarakat Oba khususnya umat kristiani. Mudah-mudahan kehadiran Hengky dapat membawa semangat baru bagi dunia persepakbolaan di Maluku Utara, serta semangat bertoleransi di Maluku Utara,” tandasnya.

Sementara Hengky, mengaku terharu dan bangga saat diberi kepercayaan oleh Sultan Tidore, apalagi kata dia, Sultan Tidore mengangkat dirinya sebagai adik.

“Ini suatu kehormatan bagi saya. Namun ini juga tanggung jawab saya karena dinobatkan sebagai adik Sultan Tidore. Tentunya saya juga harus menjaga marwah kesultanan dan nama baik beliau, begitu pula marga Oba yang saya pakai. Ini penghargaan luar biasa bagi saya secara pribadi,” ungkapnya terharu. (*)