Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

Amankan Harnus, Polresta Tidore Siagakan 200 Personel

TIDORE, KAIDAH MALUT – Polresta Tidore Kepulauan mengerahkan 200 personel, untuk pengamanan Hari Nusantara (Harnus) pada tanggal 10-13 Desember 2023.

Tak hanya itu, pengamanan tambahan juga ada dari BKO Polda Maluku Utara sebanyak 524 personel, yang nantinya akan diback-up oleh Kodim 1502/Tidore sebanyak 100 prajurit.

Pengamanan terpusat di kawasan Pantai Tugulufa Tidore.

Kapolresta Tidore Kepulauan Kombes Pol Yury Nurhidayat kepada awak media mengatakan, sebelum hari pelaksanaan, kepolisian akan menggelar apel tanggal 8 Desember.

“Kita akan mengadakan apel gelar pasukan pada tanggal 8 Desember,” kata Yury, saat konferensi pers di Kafe Legend, Kelurahan Gamtufkange, Tidore, Rabu 06 Desember 2023.

Yury bilang, pengamanan akan diperketat. Sementara bagi warga yang kedapatan membawa minuman keras (miras) bahkan narkoba, maka pihaknya segera menindak.

“Komitmen Polresta Tidore memberantas miras, apalagi dalam perhelatan Hari Nusantara kami akan perketat adanya pergerakan miras dari masyarakat,” tegasnya.

Nanti juga, lanjut dia, ada beberapa pos pengamanan yang disiagakan. Pos terpadu di sejumlah titik seperti di Pelabuhan Sarimalaha, Eks Kampus Nuku, Pelabuhan Trikora, Pelabuhan Speed Boat Rum, Pelabuhan Sofifi, dan ada pula personel yang mobile.

Sementara untuk kerawanan yang terjadi di darat, yakni kepadatan arus lalu lintas menuju lokasi kegiatan, yang berpotensi kecelakaan.

Sedangkan di jalur laut, terjadi di Pelabuhan Speed Boat Rum, ASDP Ferry, Goto, Sofifi dan Pelabuhan Loleo.

“Selain itu ada juga kerawanan perkelahian antar kelompok akibat pengaruh minuman keras, karena kebiasaan konsumsi minuman keras oleh masyarakat Maluku Utara, dan rawan pencurian kendaraan bermotor karena kebiasan masyarakat parkir tidak teratur, ditambah perubahan iklim yang tidak menentu, serta unjuk rasa penolakan kedatangan presiden. Jadi itu semua sudah kami persiapkan,” pungkasnya. (*)