Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

Meriahkan HKN ke-59, Puskesmas Lifofa Tidore Gelar Lomba PMT

Wawali Tidore saat menghadiri peringatan HKN ke-59 di Desa Lifofa, Oba Selatan (Istimewa/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Puskesmas rawat inap Desa Lifofa, Kecamatan Oba Selatan, Tidore Kepulauan, Maluku Utara menggelar lomba cerdas cermat kader posyandu sekaligus lomba kreasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lokal kader PKK.

Kegiatan di Aula SMA Negeri 7 Kota Tidore dan resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, pada Sabtu 11 November 2023.

Dalam sambutannya, Muhammad Sinen mengapresiasi kinerja kader kesehatan atas dedikasinya, memberikan pelayanan di posyandu selama ini.

Melalui lomba ini, kader diharapkan dapat termotivasi untuk meningkatkan pengetahuannya, dalam pelayanan promotif dan preventif di posyandu, serta berkontribusi dalam penururan stunting di Kota Tidore Kepulauan

Ia bilang, Pemerintah Daerah akan terus mendukung setiap kegiatan Posyandu di Kota Tidore Kepulauan.

“Lomba cerdas cermat ini merupakan salah satu upaya dalam peningkatan wawasan, serta memotivasi kader untuk lebih bersemangat dalam memajukan Posyandu,” kata Muhammad Sinen.

“Kami berharap ibu-ibu kader dapat mengikuti lomba ini dengan serius, namun lomba ini jangan dijadikan ajang kompetisi mutlak, namun dijadikan sebagai sarana ukhuwah mempererat ikatan persaudaraan kita,” sambungnya.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi agenda prioritas bagi Kota Tidore Kepulauan, sehingga dapat meningkatkan kapasitas kinerja bidan desa dan kader Posyandu

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Abdul Majid Dano menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, serta pemahaman kepada kader Posyandu dan seluruh masyarakat terkait.

“Pelayanan kesehatan serta sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam menjaga kesehatan,” ujar Abdul.

Kepala Puskesmas Lifofa Nahrudin Nurdin menjelaskan, kegiatan ini bukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan bidan desa, maupun kader posyandu.

Melainkan, sambung dia, untuk menambah wawasan serta meningkatkan kapasitas, dalam melayani masyarakat sesuai dengan tupoksinya.

“Setelah kegiatan ini kami akan mengagendakan program rutin Kecamatan Oba Selatan, untuk melakukan evaluasi pada setiap bulannya terhadap bidan desa dan kader Posyandu, terkait kinerja sesuai tupoksinya,” tandasnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun. Acara puncaknya dihelat dengan jalan sehat bersama Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, sejumlah pimpinan OPD, TNI-Polri, kader Posyandu dan masyarakat di Kecamatan Oba Selatan.

Sebagai hiburan pada acara puncak, Ahad 12 November 2023, panitia menghadirkan penampilan musisi milenial lokal, Alan Darmawan. (*)