Minggu, 14 Juli 2024

Prodi Teknik Sipil Unkhair Ternate Berhasil Telorkan Sarjana Magister Pertama

Foto bersama Tim penguji dan Risval Tri Budiyanto | Foto: Istimewa/Malut Kaidah

TERNATE, MALUT KAIDAH – Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara, resmi menelorkan alumni pertama Pascasarjana Sipil. Dengan demikian, Pascasarjana Sipil yang semula akreditasi C, kini naik ke akreditasi B.

“Alumni pertama kami Risval Tri Budiyanto, dengan judul tesis, Analisis Dampak Pembangunan Plaza Gamalama Modern Terhadap Pergerakan Lalu Lintas,” ungkap salah satu penguji, Dr. Ir. Abdul Gaus ST, MT, Rabu, 25 Agustus 2021.

Diketuai sebagai tim penguji, yakni mantan Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting SH, MH, Sekretaris Dr. Mufti Amir Sultan ST, MT dengan anggota Dr. Raudha Hakim ST, MT, Dr. Ir. Abdul Gaus ST, MT dan Dr. Nurmaiyasa Marsaoly ST, MT.

Di sisi lain, Abdul Gaus juga memberikan apresiasi terhadap tesis yang diambil, sekaligus menjadi masukan dan saran, agar Pemerintah Kota Ternate setidaknya dapat membuat regulasi khusus, terkait analisis dampak lalu lintas.

“Mengingat ruas jalan di Kota Ternate ini hambatan sampingnya sangat tinggi. Parkiran di badan jalan yang amburadul, menambah beban lalu lintas, sehingga analisis dampak lalu lintas haruslah menjadi acuan bagi sektor swasta, dan pelaku usaha dalam memulai usahanya,” tuturnya.

“Andal lalin sangat penting untuk kenyamanan pengguna jalan di kota kecil seperti Ternate ini,” sambung Abdul Gaus.

Bagi alumni Teknik Sipil yang berminat melanjutkan studi S2 Sipil-nya, kata dia, Unkhair sudah masuk dalam akreditasi B. Sehingga tidak kalah dengan kampus-kampus lain di Indonesia. *