Rabu, 24 April 2024

PT Harita Serahkan Bantuan PCR dan Vaksin Ke Pemda Halsel

Penyerahan bantuan dari Harita kepada Pemda Halsel | Foto: Istimewa/Malut Kaidah

LABUHA, MALUT KAIDAH – PT Harita Nickel membantu satu set peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR), beserta perangkat pendukungnya dan 1000 dosi vaksin Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel).

“Alat PCR ini rencananya digunakan untuk masyarakat di Pulau Obi dan akan ditempatkan di Rumah Sakit Laiwui, pun halnya dengan vaksin,” kata Donald J. Hermanus yang mewakili manajemen Harita Nickel.

Bantuan perusahaan pertambangan dan hilirisasi yang beroperasi di Pulau Obi ini, diteeima langsung oleh Bupati Halsel, Usman Sidik di ruang kerjanya, Jumat, 13 Agustus 2021 lalu.

“Dengan alat PCR itu, masyarakat Obi tidak perlu ke Labuha untuk melakukan uji usap Covid-19. Ini sangat membantu percepatan penanganan Covid-19” kata Donald.

Bupati Halsel, Usman Sidik, yang didampingi Sekretaris Kabupaten, Maslan Hasan, serta Kepala Dinas Kesehatan Halsel, Hasna Muhammad, mengapresiasi bantuan tersebut. Bantuan alat PCR dan vaksin itu sangat membantu percepatan penanganan Covid-19 di Halsel.

“Dukungan alat uji usap PCR dan vaksin ini, diharapkan dapat meminimalisir kasus Covid-19 di Pulau Obi,” kata Bupati.

Sebelumnya, Harita juga telah menyerahkan 1 set alat PCR ke Pemkab Halsel, lima unit ventilator, kacamata pelindung, pakaian hazmat, masker, cairan pembersih tangan, tisu antiseptik, alat pengukur suhu tubuh, dan paket peralatan tes cepat (rapid antigen kit) pada 30 Juli 2021 lalu.