Jumat, 19 April 2024

Sultan Ternate Dapat 1 Unit Mobil Listrik dari Panglima TNI

Pembacaan doa oleh Imam Takome Sigi Heku, H. Mahmud (Foto: Istimewa/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berikan satu unit mobil listrik bagi Sultan Ternate, Hidayatullah Sjah.

Bantuan kendaraan operasional itu, diserahkan secara simbolis oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut Ternate, Kolonel Laut Marinir Ridwan Azis, Selasa, 07 Februari 2023 di Markas Pangkalan Angkatan Laut Ternate.

Setelah penyerahan, Sultan Hidayatullah bersama Danlanal langsung tes drive dari Markas Lanal menuju Kedaton Kesultanan Ternate.

“Yang Mulia Sultan Ternate sangat berterima kasih kepada Panglima TNI atas budi baiknya, memberikan bantuan mobil listrik untuk Kesultanan Ternate,” kata Fanyira Kadato Kesultanan Ternate.

Bantuan tersebut, menjadi wujud kepedulian Panglima TNI dalam mempertahankan adat istiadat di Ternate. Olehnya itu, Sultan Hidayatullah bertekad akan mengendarai mobil tersebut, saat melaksanakan salat Jumat di Masjid Kesultanan Ternate.

“Mobil ini akan saya pergunakan untuk pergi salat Jumat di Sigi Lamo (masjid kesultanan),” ujar Rizal meniru ucapan Sultan.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan melalui Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle), sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah itu, ditandatangani Presiden Jokowi pada 13 September 2022.

Hal itu sebagai Jokowi dalam menerapkan transisi energi dari sumber fosil, ke energi baru dan terbarukan di Indonesia. (*)