Jumat, 12 Juli 2024

Jelang HAJAT ke 772, Dispar Ternate Gelar Festival Kora-Kora

Kadis Pariwisata Kota Ternate, Rustam P. Mahli (kiri) | Foto: Istimewa/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Jelang Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke 772, Pemerintah Kota Ternate akan menggelar lomba karnaval perahu hias dan lomba dayung. Lomba dilakukan dengan melibatkan masyarakat nelayan pesisir, dan masyarakat pada umumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rustam P. Mahli melalui rilisnya menyebutkan, pasca Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman melaunching logo HAJAT ke 772, tentunya tiap-tiap OPD akan menyediakan berbagai rangkaian event, salah satunya Dinas Pariwisata dengan mengadakan Festival Kora-Kora.

“Jadi ada dua kategori yakni, pertama karnaval perahu hias rencana diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari para nelayan se-Kota Ternate, bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ternate. Kedua untuk kategori lomba dayung bebas (dayung sampan) diikuti dari berbagai kalangan, komunitas, lembaga, instansi, bahkan ada perwakilan dari kabupaten dan kota se-provinsi maluku utara, sampai saat ini pendaftaran yang masuk ke panitia sudah diatas dari 75 kelompok peserta,” kata Rustam, Kamis, 24 November 2022.

Kegiatan ini juga bagian mendukung pelaksanaan Sail Indonesia di Tidore, serta pemulihan ekonomi bagi masyarakat, sehingga melibatkan para pelaku usaha kecil menengah untuk berpartisipasi.

“Ini juga bagian dari instruksi Pak Wali Kota untuk mensukseskan kegiatan HAJAT dan Sail Tidore,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan pembukaan pada tanggal 27 November 2022 nanti, akan ditampilkan atraksi dan konfigurasi tarian kolosal dengan farmasi 772 tahun.

Itu juga akan melibatkan kurang lebih 200 orang peserta, serta tampilan bertulisan angka 772 sebagai simbol HAJAT.

“Semua dilakukan adalah rangkaian kegiatan HAJAT serta Sail Tidore,” terangnya.

Sementara itu, dalam perlomban perahu hias serta lomba dayung, panitia juga bekerjasama dengan TNI/AL/Polri, untuk melaksanakan bhakti sosial masyarakat pesisir.

“Pembersihan ini lebih fokus ke kedalaman laut, pesisir pantai dengan melibatkan komunitas penyelam (diving) se-Kota Ternate, dan warga pesisir,” ujarnya.

“Pada saat opening kegiatannya, Wali Kota juga memberikan penghargaan dan bantuan sosial bagi petugas, dan satgas yang selama ini bekerja menjaga destinasi wisata di Kota Ternate,” tambahnya mengakhiri (*)